Pengertian Risalah Islam

Pengertian Risalah Islam


Apa itu Risalah Islam yang menjadi nama blog atau website berita dan kajian Islam ini? Admin kenalkan dulu tentang website Risalah Islam ini.

Risalah Islam berisi kumpulan artikel ringkas seputar dasar-dasar agama Islam, juga berita dunia Islam, dinamika Muslim mancanegara, konsultasi Islam, dan lain-lain. Online sejak 06 Oktober 2013.

Risalah Islam berusaha menyajikan konsep-konsep Risalah Islam dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, praktis, dan tidak rumit. 

Dalam menyusun setiap tulisan kami merujuk pada literatur keislaman yang kami miliki, termasuk Riset Data Online ke situs-situs Islam terpercaya.

Pengertian Risalah Islam

Risalah Islam adalah pesan-pesan Allah SWT yang terangkum dalam ajaran agama Islam sebagai panduan jalan hidup (way of life) bagi umat manusia. 

Sumber utama risalah Islam adalah wahyu Allah Swt yang kini terangkum dalam Al-Qur'an, plus hadits dan ijma' ulama.

Secara harfiyah (etimologis), risalah berasal dari bahasa Arab yang artinya pesan atau message (Inggris). Pembawa risalah disebut rasul (messenger)utusan, atau pembawa risalah.

Dalam konteks agama (Islam), istilah risalah dimaknai sebagai kerasulan, yakni para pembawa pesan dari Allah SWT (wahyu).

Kata risalah dan rasul berakar dari kata yang sama, yaitu Ra-Sin-Lam. 

Menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah, kata yang berakar Ra-Sin-Lam terdapat 513 kali di dalam Al-Quran dengan berbagai bentuk, 442 kali lainnya berkaitan dengan kerasulan pernyataan pokok-pokok dari sejumlah ayat tersebut, misalnya dalam Surat Yunus: 47, An-Nahl: 36, Al-Isra: 15, yang berbunyi:

“Tiap-tiap umat mempunyai Rasul, maka apabila datang Rasul mereka, diberilah keputusan diantara mereka dengan adil dan mereka tidak di dzalimi sama sekali” (Q.S. Yunus: 47)

“Dan sesungguhnya telah kami utus kepada setiap umat seorang Rasul dengan seruan: sembahlah Allah dan jauhilah taghut” (Q.S.An-Nahl: 36)

"Dan tiadalah kami menyiksa suatu kaum sampai kami mengutus seoarang Rasul’’ (Q.S.Al-Isra: 15).

Dengan demikian, secara maknawiyah (istilah, terminologis), risalah adalah pesan yang diturunkan Allah SWT kepada para utusan-Nya (rasul). Dalam konteks Islam, pesan yang dimaksud adalah Kalamullah berupa ayat-ayat Al-Quran yang menjadi sumber utama ajaran agama Islam.

Dengan pengertian Risalah Islam demikian, maka visi, misi, dan konten blog dengan nama domain Risalah Islam ini sudah bisa ditebak, yakni seputar ajaran agama Islam, berita Islam, artikel Islam, kajian Islam, dan dinamika umat Islam atau kaum Muslim.

Risalah Islam sendiri terdiri dari akidah, ibadah, dan akhlak, atau iman, islam, dan ihsan. Kata Islam, Muslim, akidah, ibadah, akhlak, iman, dan ihsan pun menjadi kata-kata kunci (keywords) website ini (www.risalahislam.com).***

2 Comments

  1. bedanya sama wahyu apa Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Wahyu = petunjuk dr Allah yg diturunkan hanya kpd para nabi dan rasul

      Delete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post