Doa Menyambut Pagi Hari

Doa Menyambut Pagi Hari
PAGI adalah permulaan hari. Seorang Muslim memulai aktivitas pagi hari dengan shalat Subuh. Risalah Islam, melalui sabda dan teladan Nabi Muhammad Saw, juga mengajarkan doa menyambut pagi. 

Doa adalah senjata kaum mukmin untuk kekuatan jiwa, ketenangan hati, dan memohon keberkahan serta perlindungan Allah SWT.

Berikut ini doa menyambut pagi atau memulai aktivitas pagi hari sebagaimana disabdakan dan dicontohkan Rasulullah Saw.

Doa Menyambut Pagi

“Alloohummaj’al awwala haadzan nahaari sholaahan wa ausathohu najaahan, wa aakhirohu falaahan, yaa arhamar roohimiin” 

(Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan, dan pertengahannya suatu kemenangan, dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang).

“Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbala”. 

(Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezeki yang baik dan amal yang baik diterima”). (HR. Ibnu Majah).

Dari Abu Hurairah, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bila berada di pagi hari berdoa, ‘Ya Allah, kami berada di pagi hari dengan (rahmat)-Mu, di sore hari dengan (Rahmat)-Mu, kami hidup dengan (rahmat)-Mu, kami mati dengan (rahmat)-Mu, dan kepada-Mulah kami dibangkitkan.”‘ (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Dari Ibnu Umar, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggal-kan doa-doa berikut ini di pagi dan di sore hari, ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu ampunan keselamatan dalam agama dan duniaku, keluarga, dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah kejelekanku dan tentramkanlah hatiku. Ya Allah, lindungilah dari depan dan dari belakangku, sebelah kanan dan kiriku dari atas kepalaku, serta dengan keagungan-Mu aku berlindung dari upaya makar atasku dari bawahku.’” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah). 

Dengan doa, seorang Muslim juga berarti memulai hari dengan ibadah karena doa juga merupakan ibadah. Semoga Allah SWT senantiasa menurunkan keberkahan kepada kita di setiap pagi hingg pagi berikutnya. Amin....! Wallahu a’lam. (www.risalahislam.com).*

3 Comments

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post