Jasa Membuat Blog


Doa Malam Menjelang Tidur

Doa Malam Menjelang Tidur
Doa yang biasa dibaca malam hari menjelang tidur adalah "Bismika Allahumma Ahya wa Bismia Amut" (Dengan nama-Mu Ya Allah kami hidup dan dengan nama-Mu kami mati). Itu doa malam atau doa tidur yang paling populer.

Ungkapan doa yang sesuai dengan hadits Rasulullah Saw riwayat Bukhari dan Muslim, adalah sebagai berikut:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا 

Bismika Allahumma Amutu wa Ahya. 
Dengan nama-Mu Ya Allah aku mati dan hidup.

"Amut" dulu, baru Ahya. Kalaupun "terbalik" jadi "Ahya wa Amutu", juga ada penambahan "bismika" lagi, tidak mengapa, kita yakin Allah Mahatahu dan Mahabijak.

Doa Malam Menjelang Tidur Lainnya

Ada satu doa panjang yang tampak kurang populer, mungkin karena panjangnya, mungkin juga karena ketidaktahuan, karena doa tidur identik dengan doa "bismika..." tadi.

Dalam sebuah hadits Shahih, riwayat Bukhari dan Muslim, ada doa yang hendaknya dipanjatkan jelang tidur, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْلَمْتُ وَجْهِى إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِى إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِى إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِى أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِى أَرْسَلْتَ

"Ya Allah, sungguh aku serahkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap dan takut terhadap-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Sungguh aku telah beriman kepada Kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan (beriman) kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus."

Hadits selengkapnya sebagai berikut:

إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ ثُمَّ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْلَمْتُ وَجْهِى إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِى إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِى إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِى أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِى أَرْسَلْتَ وَاجْعَلْهُنَّ مِنْ آخِرِ كَلاَمِكَ فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ مُتَّ وَأَنْتَ عَلَى الْفِطْرَةِ

"Apabila kamu hendak tidur maka berwudhu'lah sebagaimana wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, lalu bacalah: "Ya Allah, sungguh aku serahkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap dan takut terhadap-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu. Sungguh aku telah beriman kepada Kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan (beriman) kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus." Jadikan kalimat-kalimat itu sebagai perkataan terakhirmu, karena jika engkau mati pada malam itu maka engkau meninggal di atas fitrah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa malam menjelang tidur lainnya adalah sebagai berikut, sebagaimana dikutip Said bin Ali Al-Qahthani dalam kitab Hisnul Muslim.

 بِاسْمِكَ رَبِّي وَضَعْتُ جَنْبِي، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا، بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 

“Dengan menyebut nama-Mu wahai Tuhanku, aku merebahkan tubuhku. Jika Engkau hendak menahan jiwaku (mencabut nyawaku) maka kasihanilah, dan jika Engkau biarkan (hidup) maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga hamba-hamba-Mu yang shaleh“. (HR Bukhari dan Muslim).

 اللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَقْتَ نَفْسِي وَأَنْتَ تَوَفَّاهَا، لَكَ مَمَاتُهَا وَمَحْيَاهَا، إِنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا، وَإِنْ أَمَتَّهَا فَاغْفِرْلَهَا، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ 

“Ya Allah, Sesungguhnya Engkau menciptakan diriku, dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya hanya milik-Mu. Apabila Engkau menghidupkannya, maka peliharalah ia. Apabila Engkau mematikannya, maka ampunilah ia. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu keselamatan“. (HR Muslim dan Ahmad).

(اللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ (ثَلاَثَ مَرَّاتٍ 

“Ya Allah, lindungilah aku (dari) azab-Mu pada hari Engkau bangkitkan hamba-bamba-Mu“ (Dibaca tiga kali). (HR Abu Daud dan Tizmidzi).

Dan inilah doa malam jelang tidur yang paling populer:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا 

"Dengan nama-Mu, ya Allah, aku mati dan hidup“ (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa adalah ibadah. Doa juga senjata kaum mukmin. Doa akan membuat tidur kita jadi ibadah dan berkah. Insya Allah. Amin Ya rabbal 'alamin. Wallahu a'lam bish-shawab. (www.risalahislam.com).*

You're reading Doa Malam Menjelang Tidur. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Doa Malam Menjelang Tidur"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top