Jasa Membuat Blog


Buka Puasa Sunah Ayyamul Bidh Hanya Boleh dengan Nasi Putih & Air Putih?

Rahasia & Pengertian Puasa Sunah Ayyamul Bidh
Rahasia & Pengertian Puasa Sunah Ayyamul Bidh (Puasa Hari-Hari Putih).
TANYA: assalamu'alaikum... aku mau tanya kalo puasa sunah ayyamul bidh itu ketika berbuka hanya boleh makan nasi putih dan air putih saja?? tolong infonya yaa, makasih

JAWAB: Wa'alaikum salam wr wb. Yang dimaksud puasa sunah Ayyamul Bidh itu bukan demikian --harus buka dengan yang serba putih. 

Tidak ada keterangan soal keharusan berbuka puasa sunah "hari-hari putih" itu dengan yang putih-putih pula. Jadi, bukanya biasa saja, seperti saat buka puasa sunah lainnya atau seperti kita buka puasa wajib di bulan Ramadhan.

Puasa tersebut disebut Ayyamul Bidh (hari putih) karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya yang putih.

Hadits-hadits tentang puasa Ayyamul Bidh hanya menjelaskan WAKTU PUASA, yakni tanggal 13, 14, dan 15 setiap Bulan Hijriyah.

"Wahai Abu Dzarr, jika engkau ingin berpuasa tiga hari dari salah satu bulan, maka berpuasalah pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas (bulan hijriyah)." (HR. At Tirmidzi)

"Puasa tiga hari setiap bulan adalah puasa dahr (puasa setahun). Dan puasa ayyamul bidh (hari-hari putih) adalah hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas (bulan hijriyah)" (HR. An Nasai).

Ibnu Abbas ra. berkata : "Adalah Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan berpuasa pada hari putih (tanggal 13, 14, dan 15) baik dalam bepergian atau di rumah." (HR. Thabrani).

Dari Abu Dzar ra. berkata, Rasulullah bersabda : "Jika kamu berpuasa tiga hari dari satu bulan maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15." (HR. Nasa', Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Sumber: Al Fiqhu Al Manhaji ‘ala Madzhabil Imam Asy Syafi’i, Dr. Musthofa Al Bugho, dkk, terbitan Darul Qolam.

You're reading Buka Puasa Sunah Ayyamul Bidh Hanya Boleh dengan Nasi Putih & Air Putih?. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Buka Puasa Sunah Ayyamul Bidh Hanya Boleh dengan Nasi Putih & Air Putih?"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top