Jasa Membuat Blog


Allah SWT Menjamin Rezeki Semua Makhluk

Allah SWT Menjamin Rezeki Semua Makhluk
Jangan khawatir soal rezeki, karena Allah SWT menjamin semua makhluk ada rezekinya. Tugas kita adalah ikhtiar dan doa.
 
SALAH satu sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna adalah Ar-Rozaq yang artinya Maha Pemberi Rezeki.

Yang dimaksud rezeki bukan hanya harta benda atau uang, tapi juga tahta (kedudukan, jabatan), kesehatan, kepandaian, pengetahuan, rasa senang, pemdangan indah, dan masih banyak lagi.

Allah SWT menjamin ada rezeki bagi setiap hamba-Nya, terutama hamba-hamba yang taat beribadah.

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

 "Dan tiada satu pun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya" (QS. Hud:6).

"Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) adalah bagi orang yang bertakwa" (QS. Thaha:132).

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw bersabda:

يَقُوْلُ رَبُّكُمْ يَا ابْنَ آدَمَ تَفَرَّغْ لِعِبَادَتِيْ أَمْلَأُ قَلْبَكَ غِنًى وَأَمْلَأُ يَدَكَ رِزْقًا يَا ابْنَ آدَمَ لَا تُبَاعِدْ مِنِّيْ أَمْلَأُ قَلْبَكَ فَقْرًا وَأَمْلَأُ يَدَكَ شُغْلاً


Tuhanmu berfirman, “Wahai anak Adam! Sempatkanlah beribadah kepada-Ku, niscaya Aku akan penuhi hatimu dengan rasa cukup dan Aku akan memenuhi tanganmu dengan rezeki. Wahai anak Adam! Janganlah menjauh dari-Ku. Jika demikian, Aku akan memenuhi hatimu dengan kefakiran dan Aku akan memenuhi tangan-Mu dengan kesibukan.” (HR. Hakim, dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihut Targhib wat Tarhib).

Hadits di atas menegaskan tugas kita yaitu beribadah kepada Allah SWT, melaksanakan perintah-Nya, dan ikhtiar mencari rezeki dengan bekerja.

Dalam hadits Qudsi, Allah SWT berfirman kepada para malaikat yang diserahi tugas urusan rezeki Bani Adam:

Hamba mana pun yang kalian dapati yang cita-citanya hanya satu (yaitu semata-mata untuk akhirat, jaminlah rezekinya di langit dan di bumi. Dan hamba mana pun yang kalian dapati mencari rezeki dengan jujur karena berhati-hati mencari keadilan, berilah ia rezeki yang baik dan mudahkanlah baginya. Dan jika ia telah melampaui batas kepada selain itu, biarkanlah dia sendiri mengusahakan apa yang dikehendakinya. Kemudian dia tidak akan mencapai lebih dari apa yang telah Aku tetapkan untuknya“. (HR. Abu Naim dari Abu Hurairah).

Rezeki Allah merata ke semua orang, baik yang bertakwa maupun yang tidak. Oleh karena itu, kita perlu lebih memperhatikan sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan abadi: takwa. Allah menjamin orang kecukupan rezeki bagi orang-orang yang bertakwa:

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan menunjukkan kepadanya jalan keluar dari kesusahan, dan diberikanNya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka, dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, nescaya Allah mencukupkan keperluannya." (QS. At-Talaq ayat 2-3).

Semoga kita diberi kekuatan untuk ikhtiar, sabar, dan menjalankan perintah Allah SWT Maha Penjamin Rezeki hamba-hamba-Nya. Amin....! (http://www.risalahislam.com).*

You're reading Allah SWT Menjamin Rezeki Semua Makhluk. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Allah SWT Menjamin Rezeki Semua Makhluk"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top