Jasa Membuat Blog


Gemar Memberi & Menolong Sesama Itu Menyehatkan

Gemar Memberi & Menolong Sesama Itu Menyehatkan
MEMBERI dan menolong sesama itu dapat mengurangi rasa sakit, mengurangi rasa stres, meningkatkan endorfin, dan meningkatkan kesehatan.

Prof. David McClelland dari Cambridge University dalam Human Motivation menegaskan, melakukan sesuatu yang positif terhadap orang lain akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, orang kikir cenderung terserang penyakit.

Pandangan McClelland diperkuat hasil riset Dr. Allan Kuts yang melibatkan 3.000 sukarelawan. Ia mengambil kesimpulan: memberi dan menolong orang lain itu mengurangi rasa sakit, mengurangi rasa stres, meningkatkan endorfin, dan meningkatkan kesehatan.

Memberi juga dapat memperpanjang umur. Pasalnya, menurut James Hous, menolong orang lain secara sukarela dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan angka harapan hidup.

Dave Thomas
Pengusaha sukses Dave Thomas (pendiri Wendy’s) dari Amerika Serikat pernah mengemukakan kalimat yang sangat populer hingga kini: "The more you give the more you get in return!" Semakin banyak Anda memberi maka akan kian banyak pula yang Anda dapatkan sebagai imbalannya.

DEMIKIANLAH sejumlah fakta yang membuktikan kebenaran ajaran Islam tentang sedekah (memberi, giving).

Dalam risalah Islam, sedekah (giving) tidak hanya berupa harta, namun juga sedekah ilmu atau tenaga. Semuanya akan mendatangkan keberkahan dengan bertambahnya harta, ilmu, dan kekuatan.

Sedekah dijamin Allah SWT tidak akan mengurangi harta. Sebagaimana dikutip Imam Nawawi dalam Riyaduh Shalihin, Allah Ta’ala berfirman: "Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya ada yang berinfak kepadamu.” (HR. Muttafaq ‘alaih).

Rasulullah Saw menegaskan, memberi, sedekah, menolong sesama akan menambah kemuliaan.

"Harta tidak akan berkurang karena shadaqah. Allah pasti akan menambah kemuliaan seseorang yang suka memaafkan. Juga tidaklah seseorang itu merendahkan diri karena Allah, melainkan ia akan diangkat pula derajatnya oleh Allah ‘Azzawajalla.” (HR Muslim).

Memberi juga dapat menyehatkan sekaligus membersihkan dan menenangkan hati dan pikiran. Allah SWT berfirman:

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. At-Taubah:103).

Demikian keren konsep Islam tentang memberi dan menolong sesama. Terbukti dan teruji secara ilmiah serta dirasakan langsung oleh para pelakunya. Mahabenar Allah dengan segala firman-Nya. Semoga kita diberi kekuatan untuk gemar memberi dan menolong sesama sekaligus membuktikan Islam itu rahmatan lil 'alamin. Amin...! (www.risalahislam.com).*

You're reading Gemar Memberi & Menolong Sesama Itu Menyehatkan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Gemar Memberi & Menolong Sesama Itu Menyehatkan"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top