Jasa Membuat Blog


Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Sahih

Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Sahih
SEBELUM memejamkan mata untuk tidur malam,  Islam mengajarkan umatnya agar berdoa dan/atau berdzikir. Bacaan Doa Sebelum Tidur terpopuler adalah "Bismika Allaahumma amuut wa ahyaa" atau "Doa Bismika Allaahumma ahya wa amuut" yang artinya "dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup". 

Doa sebelum tidur tersebut tercampum dalam hadits shahih riwatar Imam Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

"Setelah itu baca ayat Kursi (Al-Baqarah: 255)." (HR. Bukhari). "Lalu baca surat Al-Baqarah ayat 285-286." (HR. Bukhari & Muslim). Terakhir, bacalah doa sebelum tidur: “Bismika Allaahumma amuut wa ahyaa” (Dengan namaMu, Ya Allah, aku mati dan hidup). (HR. Bukhari & Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan,  setiap kali akan tidur, kaum Muslim dianjurkan membaca doa dan dzikir dengan membaca QS. Al-Ikhlas, QS Al-Falaq, QS An-Nas, QS Al-Baqarah: 255 (Ayat Qursi), dan QS Al-Baqarah: 285-286 plus doa "Bismika Allaahumma amuut wa ahyaa".

“Rapatkan kedua telapak tangan, kemudian ditiup dan dibacakan surat Al-Ikhlash (Qul huwallaahu ahad), surat Al-Falaq (Qul a’uudzi bi rabbil-falaq), dan surat An-Naas (Qul a’uudzu bi rabbin-naas). Lalu, dengan kedua telapak tangan itu, bagian tubuh yang dapat dijangkau diusap. Mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan.” (HR. Bukhari, Muslim, Malik, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan An-Nasa’i).

Dengan membaca doa dan dzikir sebelum tidur tersebut, insya Allah, tidur kita pun berkah dan bernilai ibadah. Amin!(http://www.risalahislam.com).*

You're reading Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Sahih. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Sahih"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top