Harta yang Berkah Mendatangkan Kebaikan

Harta yang Berkah Mendatangkan Kebaikan Harta yang berkah adalah harta yang mendatangkan kebaikan dan bertambah. Bagaimana tipsnya agar harta kita berkah?

Pengertian Berkah
Secara bahasa, menurut KamuS Al-Munawwir, barokah (البركة) artinya adalah nikmat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berkah adalah "karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia".

Secara maknawi, para ulama menjelaskan makna berkah sebagai "segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia."

Menurut Imam Al-Ghazali dalam Ensiklopedia Tasawuf, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni "bertambah-tambahnya kebaikan".


Agar Harta Berkah

Harta yang berkah, meskipun sedikit, akan mampu menghidupi dan mencukupi apa saja yang dibutuhkannya. 

Harta yang berkah akan mendatangkan kebaikan. Ia tidak saja bermanfaat bagi sang pemilik harta, tapi juga orang lain.

Cara terbaik agar harta berkah adalah dengan mengeluarkan zakatnya (jika mencapai nisab) dan menjadikannya sebagai sarana ibadah. 

Zakat, infak, sedekah, membantu sesama, menyumbang lembaga dakwah dan kemanusiaan, adalah bagian dari ibadah harta yang akan menjadikan harta kita penuh berkah.

Berikut ini sejumlah ayat dan hadits tentang keberkahan harta yang digunakan di jalan Allah dikeluarkan zakat dan sedekahnya.

Pahala Berlipatganda:
“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui” (Al Baqarah : 261)

Melapangkan Rezeki:
"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS. Al-baqarah ; 245).

Harta Tidak Berkurang
 "Harta tidak akan berkurang karena sedekah, dan tidaklah Allah menambah bagi hamba yang pemaaf kecuali kemuliaan, dan tidaklah seseorang yang berlaku tawadlu' karena Allah melainkan Dia akan meninggikannya." (HR. Muslim).

Sedekah Sembuhkan Penyakit
"Sembuhkan penyakit kalian dengan cara shadaqah. Lindungi harta yang kalian miliki dengan zakat" (HR. Baihaqi). 

Semoga harta yang kita miliki menjadi Harta yang Berkah dan Mendatangkan Kebaikan. Semoga Allah SWT memberi kita rezeki yang cukup dan berkah. Amin....! Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post