Jasa Membuat Blog


Asal-Usul Kata 'Lebaran'

lebaran idul fitri
LEBARAN adalah sebutan khas Muslim Indonesia untuk Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha, dua hari suci umat Islam.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata lebaran diartikan sebagai hari raya ummat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Istilah "lebaran" tidak dikenal dalam bahasa Arab dan bukan berakar kata Arab, namun berasal dari tradisi agama Hindu.

Kata “lebaran” yang berasal dari tradisi Hindu itu artinya "selesai, usai, atau habis” yang menandakan habisnya masa, dalam hal ini berakhirnya waktu berpuasa.

Namun, sebagian orang Jawa mempunyai pendapat berbeda mengenai asal dan makna kata lebaran. Kata lebaran berasal dari bahasa Jawa yaitu kata "wis bar" yang berarti "sudah selesai", yakni selesai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kata "bar" adalah bentuk pendek dari kata "lebar" dalam bahasa Jawa yang artinya selesai.
Namun, orang Jawa sendiri kenyataannya jarang menggunakan istilah lebaran saat Idul Fitri. Mereka lebih sering menggunakan istilah "sugeng riyadin" sebagai ungkapan selamat hari raya Idul Fitri.

Kata lebaran justru lebih banyak digunakan oleh orang Betawi dengan pemaknaan yang berbeda. Menurut mereka, kata lebaran berasal dari kata lebar yang dapat diartikan luas yang merupakan gambaran keluasan atau kelegaan hati setelah melaksanakan ibadah puasa, serta kegembiraan menyambut hari kemenangan.

Saat ini, Pusat Bahasa hanya bisa memastikan bahwa kata “lebaran” merupakan sebuah kata dasar yang terdiri dari tiga suku kata, yaitu le + ba + ran.

Yang terpenting, lebaran adalah hari untuk berbahagia dan bersukaria, mengenakan pakaian baru dan menikmati segala rupa makanan dan minuman yang lezat, merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, serta bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan karib kerabat.

Dalam bahasa Arab, lebaran disebut Idul Fitri atau 'Id saja. Idu Fitri artinya kembali sarapan atau kembali makan pagi, setelah sebulan lamanya berpuasa. Ada juga yang mengartikan Idul Fitri sebagai "Kembali ke Fitrah". Wasalam. (http://www.risalahislam.com).*

Sumber: Antara, KBBI

You're reading Asal-Usul Kata 'Lebaran'. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Asal-Usul Kata 'Lebaran'"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top