Jasa Membuat Blog


Kunci Surga: Takwa & Akhlak Baik

takwa dan akhlak baik
Kunci Surga: Takwa & Akhlak Baik. Dua amalan yang menjadi penyebab masuk surga.

TAKWA dan budi pekerti (akhlak)yang baik adalah kunci utama pembuka pintu surga. Surga disediakan bagi orang-orang bertakwa.


Takwa adalah menjalankan semua perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Akhlak yang baik adalah bersikap baik dalam bergaul dengan sesama manusia.

Rasulullah Saw memerintahkan umat Islam agar bertakwa kepada Allah di mana saja berada dan bergaul dengan sesama manusia dengan budi pekerti yang baik.


اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

“Bertakwalah di manapun engkau berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya ia akan menghapusnya, dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” [HR. Ahmad dan Tirmizi dari Abi Dzar).

Rasulullah juga menegaskan, takwa dan akhlak yang baik adalah amalan yang menjadi faktor utama seseorang masuk surga.

أَكْثَر مَا يُدْخِلُ اْلجَنَّةَ تَقْوَى اللهِ وَحُسْنُ اْلخُلُقِ

“(Hal) yang paling banyak memasukkan orang ke dalam surga adalah taqwa kepada Allah dan akhlaq yang baik “ (H.R Ahmad, AtTirmidzi, Ibnu Majah)

Ditegaskan juga, mukmin atau muslim terbaik adalah muslim yang paling baik budi pekertinya.


أَكْمَلُ اْلمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya “ (H.R Ahmad, Abu Dawud, AtTirmidzi, al-Hakim).

Dalam hadits di awal juga ditegaskan, perbuatan baik dapat menghapus pengaruh perbuatan buruk sekaligus membersihkan kotorannya. Amaliah “mengiringi perbuatan buruk dengan perbuatan baik” diperintahkan oleh Rasulullah Saw:

Seorang muslim, jika ia melakukan maksiat, hendaknya segera mengiringinya dengan kebaikan, seperti shalat, sedekah, puasa, istighfar, dzikr, tasbih, dan perbuatan baik lainnya.

“Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” [QS. Huud: 114]

Semoga Allah SWT memberikan kita hidayah dan kekuatan untuk senantiasa bertakwa kepada-Nya dan berperilaku yang baik dengan sesama manusia. Amin...! (www.risalahislam.com).*

You're reading Kunci Surga: Takwa & Akhlak Baik. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Kunci Surga: Takwa & Akhlak Baik"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top