Rasulullah Saw Perintahkan Imam Shalat Berjamaah Meringankan Bacaan

imam shalat berjamaah
TANYA: Ada imam sholat yang suka lama banget ngimamin shalatnya. Baca Qurannya panjang, ruku' dan sujudnya juga lama, lebih lama dari kebiasaan jamaah pada umumnya.

Bukankah Rasulullah Saw memerintahkan para imam sholat untuk meringankan bacaannya?

JAWAB: Rasulullah Saw memerintahkan para imam shalat meringankan bacaan merupakan perkara yang sudah dipahami oleh para ulama, ustadz, yang biasa menjadi imam shalat atau memimpin shalat berjamaah.

Dalam hadits-hadits shahih, termasuk dalam Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, jelas sekali Nabi Muhammad Saw memerintahkan para imam untuk meringankan bacaan shalat. Lain halnya jika shalat sendirian. 

ุฅِุฐุงَ ุตَู„َّู‰ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุจِุงู„ู†َّุงุณِ ูَู„ْูŠُุฎَูِّูْ

“Apabila salah seorang di antara kalian mengimami shalat, maka ringankanlah shalatnya”.  (HR. Bukhari dan Muslim)

Artinya, jika shalat sendiri, dipersilakan shalat lama dan bacaannya sepanjang-panjangnya. Bebas. Namun, jika jadi imam, maka ringankanlah bacaannya, pendekkan, karena jamaah itu beragam dan punya kepentingan sendiri-sendiri.

Inilah indahnya Islam. Sangat manusiawi. Rasulullah saja paham dan maklum, masa para imam tidak?

Imam Shalat Berjamaah Ringankan Bacaan

Berikut ini hadits-hadits selengkapnya tentang imam shalat yang harus meringankan bacaan.

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ: ุฅِุฐَุง ุฃَู…َّ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุงู„ู†َّุงุณَ ูَู„ْูŠُุฎَูِّูْ ูَุฅِู†َّ ูِูŠู‡ِู…ْ ุงู„ุตَّุบِูŠุฑَ ูˆَุงู„ْูƒَุจِูŠุฑَ ูˆَุงู„ุถَّุนِูŠูَ ูˆَุงู„ْู…َุฑِูŠุถَ ูَุฅِุฐَุง ุตَู„َّู‰ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ูَู„ْูŠُุตَู„ِّ ูƒَูŠْูَ ุดَุงุกَ.

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Apabila salah seorang dalam kalangan kamu mengimamkan shalat, maka ringankanlah shalat (tersebut) karena dalam jama’ah tersebut ada golongan kanak-kanak, orang tua, orang yang lemah dan sakit. Sekiranya shalat bersendirian maka silahkan panjangkan bacaan menurut yang dikehendakinya.” (HR. Bukhari).

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู…َุณْุนُูˆุฏٍ ุงู„ْุฃَู†ْุตَุงุฑِูŠِّ ู‚َุงู„َ ุฌَุงุกَ ุฑَุฌُู„ٌ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَู‚َุงู„َ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุงู„ู„َّู‡ِ ุฅِู†ِّูŠ ู„َุฃَุชَุฃَุฎَّุฑُ ุนَู†ْ ุตَู„َุงุฉِ ุงู„ْุบَุฏَุงุฉِ ู…ِู…َّุง ูŠُุทِูŠู„ُ ุจِู†َุง ูِูŠู‡َุง ูُู„َุงู†ٌ ูَู…َุง ุฑَุฃَูŠْุชُ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฃَุดَุฏَّ ุบَุถَุจًุง ูِูŠ ู…َูˆْุนِุธَุฉٍ ู…ِู†ْู‡ُ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ูَู‚َุงู„َ ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ู†َّุงุณُ ุฅِู†َّ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ู…ُู†َูِّุฑِูŠู†َ ูَู…َู†ْ ุตَู„َّู‰ ุจِุงู„ู†َّุงุณِ ูَู„ْูŠَุชَุฌَูˆَّุฒْ ูَุฅِู†َّ ูِูŠู‡ِู…ْ ุงู„ْูƒَุจِูŠุฑَ ูˆَุงู„ุถَّุนِูŠูَ ูˆَุฐَุง ุงู„ْุญَุงุฌَุฉِ

Dari Abu Mas’ud Al Anshari ia berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya tidak jadi ikut melaksanakan shalat subuh karena lamanya shalat yang dilakukan oleh Fulan bersama kami.” Maka saya tidak pernah melihat Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam marah melebihi kemarahannya pada saat itu ketika sedang memberikan nasihat. Beliau bersabda: “Wahai manusia, sesungguhnya di antara kalian ada orang-orang yang membuat lari orang lain, maka barangsiapa sholat bersama manusia (sebagai Imam), maka hendaknya ia meringankannya. Sebab di antara mereka ada orang yang telah tua, orang lemah, dan orang yang memiliki keperluan.” (HR. Ad Darimi).

Anas bin Malik berkata:

ู…َุง ุตَู„َّูŠْุชُ ูˆَุฑَุงุกَ ุฅِู…َุงู…ٍ ู‚َุทُّ ุฃَุฎَูَّ ุตَู„َุงุฉً ูˆَู„َุง ุฃَุชَู…َّ ู…ِู†ْ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ู„َูŠَุณْู…َุนُ ุจُูƒَุงุกَ ุงู„ุตَّุจِูŠِّ ูَูŠُุฎَูِّูُ ู…َุฎَุงูَุฉَ ุฃَู†ْ ุชُูْุชَู†َ ุฃُู…ُّู‡ُ


“Aku tidak pernah shalat bersama seorang imam pun yang lebih pendek dan lebih sempurna shalatnya daripada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Jika Baginda mendengar tangisan bayi, maka dia akan meringankan shalat kerana takut akan menimbulkan fitnah terhadap ibunya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ringkasnya, para imam shalat perlu menyadari, shalat berjamaah jangan sampai memberatkan jama’ah (makmum).

‘Umar bin al-Khattab r.a. juga turut mengingatkan para imam agar tidak menimbulkan kemarahan para jamaah sebagaimana diriwayatkan oleh al-Bayhaqi:

ู„َุง ุชُุจَุบِّุถُูˆْุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนِุจَุงุฏَู‡ُ ูŠَูƒُูˆู†ُ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุฅِู…َุงู…ًุง ูَูŠُุทَูˆِّู„ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู‚َูˆْู…ِ ุงู„ุตَّู„َุงุฉ ุญَุชَّู‰ ูŠُุจَุบِّุถَ ุฅِู„َูŠْู‡ِู…ْ ู…َุง ู‡ُู…ْ ูِูŠْู‡ِ
.

“Jangan kamu membuat seorang hamba itu marah terhadap Allah dengan sebab tindakan kamu memanjangkan bacaan ketika mengimamkan shalat.” 

Sekali lagi, masalah memanjangkan bacaan ini adalah berlainan situasinya jika shalat dilakukan sendirian.

Shalat fardhu/shalat sunnah yang dilaksanakan seorang diri, diharuskan untuk memanjang bacaan sesuai dengan kemampuan. Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post