Jasa Membuat Blog


Agar Setan Tidak Masuk dan Diam di Rumah Kita: Dzikir Keluar-Masuk Rumah

Agar Setan Tidak Masuk dan Diam di Rumah Kita: Dzikir Keluar-Masuk Rumah dengan Basmalah, Salam, dan Hauqalah.


Agar Setan Tidak Masuk dan Diam di Rumah Kita: Dzikir Keluar-Masuk Rumah
Ilustrasi Pintu Depan Rumah. Sumber Gambar: cdn.decoist.com.*


BAGAIMANA agar setan tidak masuk dan diam di rumah kita? Jawabannya adalah doa dan dzikir. Keluar rumah mengucapkan dzikir/doa basmalah. Masuk rumah mengucapkan salam.

Jika keluar-masuk rumah disertai dzikir/doa, minimal dengan basmalah dan salam, maka setan akan menjauh, tidak ikut masuk rumah. Sebaliknya, setan akan ikut masuk dan diam di dalam rumah kita, jika kita keluar-masuk rumah tanpa dzikir/doa atau salam.

Dalam hadis shahih, diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah ra, Rasulullah Saw bersabda,

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

"Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.”

Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.”
(HR. Muslim).

Doa Keluar Rumah

Doa keluar rumah adalah basmalah dan bacaan hauqolah. Hauqalah adalah bacaaan Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Saw bersabda;

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

“Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia berkata (membaca doa) Bismillahi tawakkaltu 'alallah laa haula walaa quwwata illaa billah (dengan menyebut nama Allah tidak daya dan kekuatan selain atas pertolongan Allah) di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ‘Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud).

Doa keluar rumah berupa basmalah & hauqalah juga merupakan doa agar rumah kita dan seisinya aman, terpelihara, dilindungi Allah SWT, juga agar perjalanan kita selamat hingga kembali ke rumah.

Kesimpulan

- Dzikir/Doa Masuk Rumah: Ucapkan Salam
- Dzikir/Doa Keluar Rumah: Basmalah & Hauqalah --Bismillahi tawakkaltu 'alallah laa haula walaa quwwata illaa billah.

Demikian Tips Islami agar setan tidak masuk dan diam di rumah kita, yaitu dengan dzikir keluar-masuk rumah berupa basmalah, salam, dan hauqalah. Wallahu a’lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).

Sumber: Shahihain/Bukhar dan Muslim

You're reading Agar Setan Tidak Masuk dan Diam di Rumah Kita: Dzikir Keluar-Masuk Rumah. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Agar Setan Tidak Masuk dan Diam di Rumah Kita: Dzikir Keluar-Masuk Rumah"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top