Pengertian Sakinah Mawaddah Wa Rohmah - Doa bagi Pengantin

Pengertian Sakinah Mawaddah Wa Rohmah
Pengertian Sakinah Mawaddah Wa Rohmah 

UNGKAPAN Sakinah Mawaddah Wa Rohmah hampir dipastikan selalu muncul dalam acara pernikahan.

"Semoga menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah Wa Rohmah". Demikian yang sering diucapkan mereka yang menghadiri pernikahan atau mendengar temannya menikah.

Harus diingat, cara mengucapkannya yang benar adalah Sakinah Mawaddah Wa Rohmah, bukan Sakinah Mawaddah dan Wa Rohmah, karena Wa di depan kata Rohmah artinya "dan".

Ungkapan sakinah wawaddah warahmah diambil dari ayat Al-Quran yang sering dicantumkan dalam undangan pernikahan karena memang menggambarkan sebagian tujuan atau fungsi pernikahan dalam Islam.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”  (QS Ar-Rum/30:21).

Dalam ayat di atas ada kata litaskunu (لِتَسْكُنُوا ) atau sakinah), mawaddah (مَوَدَّةً), dan rohmah (وَرَحْمَةً) sehingga digabungkan menjadi sakinah mawaddah warohmah.

Pengertian Sakinah Mawaddah Warahmah

Secara bahasa, Sakinah Mawaddah Wa Rahmah artinya tenang atau tentram (sakinah), cinta kasih (mawaddah), dan kasih sayang (rahmah).

Dalam konteks ini, ada juga ulama yang mengartikan rahmah sebagai "anak", yakni buah hati atau keturunan hasil cinta dan kasih sayang kedua orangtuanya.

Arti Sakinah
Kata Sakinah dalam bahasa Arab memiliki arti kedamaian, tenang, tentram, dan aman. Kata Sakinah berasal dari QS 30:21di atas, di dukung dengan ayat lain:

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا

"Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepadanya." (QS Al-A’raf/7:189).

Arti Mawaddah
Mawaddah dalam bahasa Indonesia bisa diartikan cinta atau sebuah harapan.

Arti Rahmah
Rahmah artinya kasih sayang.

Dengan demikian, ungkapan "semoga menjadi keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rohmah" artinya semoga pasangan pengantin menjadi keluarga yang tenang, tentram, damai, penuh cinta dan kasih sayang. Ringkasnya: semoga menjadi keluarga bahagia di dunia dan di akhirat.

Demikian sekilas ulasan tentang Pengertian Sakinah Mawaddah Wa Rohmah. Wasalam. (www.risalahislam.com).*

You're reading Pengertian Sakinah Mawaddah Wa Rohmah - Doa bagi Pengantin. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pengertian Sakinah Mawaddah Wa Rohmah - Doa bagi Pengantin"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.