Pengertian Karomah - Kemuliaan dari Allah SWT

Pengertian Karomah - Kemuliaan dari Allah SWT
Karomah adalah kemuliaan atau penghormatan, yakni kemuliaan atau penghormatan dari Allah Swt. Itu pengertian karomah secara bahasa, dari kata karoma - karim (mulia).

Kata karomah tidak dikenal dalam kamus bahasa Indonesia.

Yang ada adalah istilah karamah yang artinya "kemuliaan berupa sesuatu di luar logika manusia yang Allah berikan kepada para wali Allah".

Dalam KBBI ada juga kata "keramat" yang diadaptasi dari kata karomah (Arab).

Keramat artinya suci dan dapat mengadakan sesuatu di luar kemampuan manusia biasa karena ketakwaannya kepada Tuhan (tentang orang yang bertakwa)

Keramat juga bermakna suci dan bertuah yang dapat memberikan efek magis dan psikologis kepada pihak lain (tentang barang atau tempat suci)

Pengertian Karomah 

Secara bahasa (Arab), karomah berasal dari salah satu Asmaul Husna, yaitu Al-Karim, yang artinya Mahamulia.

Secara istilah, karomah adalah hal atau kejadian yang luar biasa di luar nalar (logika) dan kemampuan manusia awam yang terjadi pada diri seseorang (wali Allah).

Karomah dimiliki sebagian orang yang suka menjalankan kebaikan, sunnah, dan memiliki keistiqomahan yang sempurna.

Allah Swt memberikan kemuliaan dengan karomah ini kepada siapa saja yang Dia dikehendaki .

Menurut Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Syarh al-Aqidah al-Wasithiyah, Ahlus Sunnah wal Jama’ah mengimani adanya karomah bagi wali-wali Allah. Oleh karena itu,  Imam At Thahawi didalam kitab akidahnya yang terkenal, Aqidah Thahawiyah, berkata:

”Kita tidak mengutamakan seorang wali pun lebih di atas para nabi a.s. dan kita katakan: satu orang nabi itu lebih utama dari seluruh para wali. Dan kita mengimani tentang karomah mereka dan  kabar yang shohih dari orang-orang yang tsiqah (terpercaya) berkenaan dengan riwayat mereka “.

Syarat  suatu kejadian itu dikatakan sebagai karomah, di antaranya orang-orang yang beriman, jujur, bertakwa, dan menjalankan syariat Allah Ta’ala.

“Ingatlah sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada ketakutan terhadap mereka dan tidak (pula) bersedih hati. Yaitu orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertaqwa. Bagi mereka berita gembira didalam kehidupan dunia dan ( dalam kehidupan) akhirat .” (QS.  Yunus : 61-63 ).

Ayat di atas juga menegaskan "setiap muslim yang beriman dan selalu bertakwa adalah wali Allah".

Di antara karomah yang ditetapkan oleh Al-Qur’an yang terjadi pada umat terdahulu adalah kisah Ashabul Kahfi yang hidup di antara kaum musyrikin sementara mereka beriman kepada Allah

Menurut Imam Al-Quthubi, pemilik karomah biasanya menyembunyikan karomah itu dan tidak menampakkannya kecuali ada manfaat yang diketahui kebaikkannya.

Imam Al-Quthubi berkata: “Al-Karomah salah satu cirinya disembunyikan sedangkan mujizat salah satu cirinya ditampakkan; sedangkan pendapat yang mengatakan al-karomah tampak tanpa ada keinginan atau permintaan dari (pemiliknya) sedangkan mu’jizat apa-apa yang tampak pada saat permintaan para nabi-nabi mereka diminta bukti (oleh para umatnya), maka muncullah tanda-tanda mu'jizat.

Demikian pengertian karomah. Wallahu a'lam. (www.risalahislam.com).*

2 Comments

  1. saya setuju dengan uraian ini. karomah memang diberikan allah untuk seseorang yang sholih supaya ia semakin bertakwa dihadapan-Nya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post