Learn Quran Tafsir - Mesin Pencari Permudah Umat Pahami Islam

Learn Quran Tafsir - Mesin Pencari Permudah Umat Pahami Islam
Learn Quran Tafsir - Mesin Pencari Permudah Umat Pahami Islam.

Al-Quran adalah sumber utama risalah Islam. Perintah, larangan, dan penjelasan tentang berbagai hal tercantum di dalam kitab suci kaum Muslim ini.

Di era internet, kini makin mudah memahami Al-Quran. Salah satunya dengan menggunakan situs atau aplikasi Mesin Pencari Quran yang bekerja mirip mesin telusur Google bernama Learn Quran Tafsir.

Learn Quran Tafsir merupakan inovasi pembelajaran kitab suci umat Islam "zaman now" dengan cara kerja serupa dengan mesin pencari Google.

"Learn Quran Tafsir ini akan menjadi mesin pencari Quran terbaik dan terlengkap di dunia," kata CEO Learn Quran, Mohammad Sani, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Situs Learn Quran Tafsir dengan alamat http://tafsir.learn-quran.co/id dapat diakses bebas melalui perangkat ponsel cerdas (smartphone0, tablet, dan komputer personal.

Learn Quran Tafsir

Pengguna dapat mencari kosa kata, topik, maupun ayat-ayat tertentu di dalam Quran. Hanya dalam sepersekian detik, akan muncul hasil pencarian dari jutaan kata-kata dalam Quran dan tafsirnya, sebagaimana cara kerja Google.

Misalnya, jika kita cari kata "Islam", maka akan muncul halaman berikut ini:

Learn Quran Tafsir - Mesin Pencari Permudah Umat Pahami Islam


"Uniknya, mesin pencari Quran ini sudah mulai sedikit demi sedikit menerapkan teknologi Artificial Intelligence," kata Mohammad Sani.

Pembuatan Learn Quran Tafsir dilakukan oleh sebuah tim kecil berjumlah empat orang, yaitu Mohammad Sani, Denny Yusuf, Himmatul Aliyah dan Asma Nabila serta ditambah dua orang penasihat.

Dua penasihat itu adalah Alham Fikri Aji, ahli Artificial Intelligence lulusan University of Edinburgh yang pernah bekerja di Apple dan Google, serta seorang ustadz muda lulusan Arab Saudi, Nur Fajri Romadhon, yang berperan sebagai penasihat konten tafsir.

"Proses pengembangannya menghabiskan waktu enam bulan, yakni sejak pertengahan tahun 2017," kata Mohammad Sani.

Ahli tafsir Quran, Dr Amir Faishol Fath, mengatakan, Learn Quran Tafsir bisa menjadi sarana belajar agama bagi umat.

"Learn Quran Tafsir adalah produk luar biasa. Insya Allah dengan alat ini anda bisa dengan mudah mendapat penjelasan tafsir klasik maupun modern," katanya dikutip Antara.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post