Bacaan & Amalan Setelah Shalat Berjamaah Sesuai Sunnah Rasulullah Saw

Bacaan & Amalan Setelah Shalat Berjamaah Sesuai Sunnah Rasulullah Saw
TANYA: Apa Bacaan & Amalan Setelah Shalat Berjamaah yang Sesuai dengan Sunnah Rasulullah Saw? Apa hukumnya setelah shalat berjamaah lalu menyalami jamaah lain di kiri dan kanan? Ada juga imam shalat yang memimpin bacaan Al-Fatihah usai shalat berjamaah.


Intinya, tidak ada contohnya dari Rasulullah Saw dan para sahabat. Tidak ada dalilnya dalam Fiqih Shalat.

Bersalam-salaman usai shalat berjamaah memang bagus. Baca Al-Fatihah usai shalat juga bagus. Tapi masalahnya, tidak ada dalam Sunnah Rasul, tidak ada perintahnya, tidak ada aturannya, sedangkan dalam hal ibadah kita tidak boleh mengada-ada, karena semuanya sudah dicontohkan Rasulullah dan para sahabat.

Selesai shalat berjamaah, usai salam, yang dilakukan Nabi Muhamma Saw adalah dzikir atau membaca doa, bukan bersalam-salaman, bukan juga membaca Al-Fatihah.

Dalam berbagai kitab hadits shahih, usai shalat, selesai salam, bukan "sibuk" bersalam-salaman, tapi membaca dzikir atau doa, yaitu takbir, tahmid, tasbih, dan istighfar.

Dzikir yang diajarkan Nabi Saw seusai shalat adalah membaca istighfar. Tsauban ra menceritkan,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ: «اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ» قَالَ الْوَلِيدُ: فَقُلْتُ لِلْأَوْزَاعِيِّ: ” كَيْفَ الْاسْتِغْفَارُ؟ قَالَ: تَقُولُ: أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Setiap kali Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat, beliau beristighfar 3 kali, lalu membaca:

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Al-Walid – perawi hadis – bertanya kepada al-Auza’i, “Bagaimana cara beristighfar?”

Beliau mengatakan,

تَقُولُ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ

“Cukup kamu mengucapkan: Astaghfirullah… Astaghfirullah… (aku memohon ampun kepada Allah)” (HR. Muslim dan Nasai).

Benar, seusai shalat, kita boleh melakukan kegiatan apa pun di luar shalat. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan,

مِفْتَاحُ الصَّلَاةِ الطُّهُورُ، وَتَحْرِيمُهَا التَّكْبِيرُ، وَتَحْلِيلُهَا التَّسْلِيمُ

Kunci shalat adalah bersuci, yang mengharamkannya adalah takbiratul ihram, dan yang menghalalkannya adalah salam. (HR. Ahmad).

Artinya, usai salam, shalat selesai. Kita bisa melakukan apa saja yang tidak ada kaitannya dengan shalat. 

Namun, jika kegiatan itu dikaitkan dengan shalat, seperti dzikir setelah shalat, kewajiban kita adalah mengikuti yang diajarkan Rasulullah Saw.

Bersalam-salaman sebaiknya dilakukan saat bertemu atau berpisah, bukan selesai shalat, karena begitu selesai shalat, contoh dari Nabi Saw dalah doa dan dzikir.

Demikian Bacaan & Amalan Setelah Shalat Berjamaah Sesuai Sunnah Rasulullah Saw. Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*

Referensi: Shahihain/Sifat Shalat Nabi (Pustaka Ibnu ‘Umar)

You're reading Bacaan & Amalan Setelah Shalat Berjamaah Sesuai Sunnah Rasulullah Saw. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bacaan & Amalan Setelah Shalat Berjamaah Sesuai Sunnah Rasulullah Saw"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *