Dijabat Seorang Jenderal, Menteri Agama Trending Topic

Related Posts

Dijabat Seorang Jenderal, Menteri Agama Trending Topic

Kementerian Agama (Kemenag) menjadi sorotan warganet setelah Presiden Jokowi resmi mengumumkan nama-nama menteri dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menteri Agama menjadi Trending di Indonesia, selain Mendikbud, Menhan, dan Menpora. Diumumkan Jokowi, Menteri Agama kini dijabat Jenderal TNI (Purnawirawan) Fachrul Razi.

Fachrul Razi lahir di Banda Aceh, 26 Juli 1947. Pria 72 tahun ini adalah salah satu tokoh militer Indonesia lulusan Akademi Militer 1970 yang berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang empat ini adalah Wakil Panglima TNI.

Sebelum menjabat Menteri Agama 2019-2024, Fachrul pernah menjabat Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad, Wakil Asisten Operasi KASAD, Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana, Gubernur Akademi Militer (1996-1997),  dan Asisten Operasi KASUM ABRI (1997-1998).

Ia juga pernah menjabat Kepala Staf Umum ABRI (1998-1999), Sekertaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999), dan Wakil Panglima TNI (1999-2000).

Ditunjuknya Fachrul sebagai menteri agama merupakan kejutan. Selama ini, posisi menteri agama biasa dijabat politisi dengan latar belakang NU dan ulama/kyai. Namun, kali ini seorang jenderal memimpin kementerian agama.

Saat pengumuman, Presiden Jokowi meminta Fachrul Razi mengurus pencegahan radikalisme.
"Bapak Jenderal Fachrul Razi sebagai Menteri Agama," ucap Jokowi. "Assalamualaikum," jawab Fachrul Razi.

"Ini untuk urusan berkaiatn radikalisme, ekonomi keuamatan dan terutama haji," kata Jokowi.

Warganet meramaikan Menteri Agama menjadi trending topic di Twitter, Rabu (23/10/2019).

"Seorang jenderal jadi Menteri Agama gara-gara untuk mengurusi Radikalisme? Menarik dan aneh," tulis warnaget di Twitter.

"Menteri Agama diambil dari mantan militer, yang bisa lebih netral terhadap semua agama, tugasnya untuk menangkal radikalisme, seru nih, bakal ada yang nda pulang," tulis yang lain.

Dilansir Republika, Ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie juga menanggapi terpilihnya Facrul Razi sebagai menteri agama RI 2019-2024.

Fachrul juga merupakan mahasiswa S3 yang Jimly promotori. Namun demikian, mahasiswa S3 Fakultas Hukum UI itu belum juga menyelesaikan pendidikan dan disertasinya.

"Belum selesai-selesai meski terus saya tagih. Semoga setelah menjadi menteri bisa ia selesaikan pada waktunya," ujar Jimly.

Menurut dia, latar belakang Jenderal Facrul yang bukan dari ormas Islam, bisa lebih netral dalam mengemban jabatannya saat ini. Jimly juga menyamakan posisi Fachrul saat ini dengan menteri agama era Orde Baru, Alamsyah Ratuperwiranegara.

Ketika ditanya latar belakang Fachrul yang berasal dari militer dan bukan bagian dari Ormas Islam. Jimly memaparkan, posisi saat ini dirasa cocok baginya, karena merupakan dunia baru dan berhubungan dengan latar belakangnya.

Jimly menegaskan, Fachrul Razi yang merupakan lelaki berdarah Aceh juga memiliki masa muda yang aktif di lingkungan pelajar Islam. Di mana latar belakang keagamaan tersebut juga menjadi nilai lebih.

Tugas pertama yang ia sarankan ketika mengemban posisi Menag adalah membangun relasi. Pasalnya, Fachrul belum banyak mengenal lingkungan organisasi keagamaan.

"Saya anjurkan awali tugas dengan bersilaturahmi ke dalam dan luar negeri dengan semua elemen umat beragama dengan intensif dan segera," kata Jimly yang menjadi guru besar UI tersebut.

Daftar Menteri Agama RI

  1. H.M. Rasjidi
  2. KH. Fathurrahman Kafrawi
  3. KH. Masjkur
  4. KH. Wahid Hasyim
  5. KH. Faqih Usman
  6. KH. Muhammad Ilyas
  7. KH. M. Wahib Wahab
  8. KH. Saifuddin Zuhri
  9. KH. Moh. Dahlan
  10. Prof. Dr. H. Abdul Mukti Ali
  11. H. Alamsyah Ratu Perwiranegara
  12. H. Munawir Sjadzali, MA
  13. Dr. Tarmizi Taher
  14. Prof. Dr. H. Quraish Shihab
  15. Prof. A. Malik Fajar, M.Sc
  16. Drs. KH. M. Tolchah Hasan
  17. Prof. Dr. Said Agil Husein Al Munawar, MA
  18. Muhammad Maftuh Basyuni, SH
  19. Drs. H. Suryadharma Ali,M.Si
  20. Lukman Hakim Saifuddin
  21. Fachrul Razi

You're reading Dijabat Seorang Jenderal, Menteri Agama Trending Topic. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Dijabat Seorang Jenderal, Menteri Agama Trending Topic"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *