Cara Menjawab Salam 'Assalamualaikum' dari Non-Muslim

Related Posts

Cara Menjawab Salam 'Assalamualaikum' dari Non-Muslim

UCAPAN salam "Assalamu'alaikum..." (اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ) adalah salam Islam atau salam khusus di kalangan umat Islam. Mengucapkannya sunah, namun menjawabnya wajib.

Ucapan salam dalam Islam selengkapnya adalah Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhuh (اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ) artinya “Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah untukmu” atau “semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahan untukmu.”

Jawaban salam Islam selengkapnya adalah  wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ) yang artinya "Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah juga kepada kalian".

Cara Menjawab Salam 'Assalamualaikum' dari Non-Muslim

Bagaimana jika orang nonmuslim alias kafir memberi salam "Assalamu'alaiku..." kepada kita (muslim)? Bagaimana cara menjawabnya?

Jika seorang nonmuslim mengucapkan salam Assalamu'alaikum, maka jawabnya adalah: WA'ALAIKA, yang artinya "dan semoga bagi Anda juga".

Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hathim berikut ini.

Suatu hari ketika Rasulullah SAW sedang duduk bersama para sahabatnya, seseorang datang dan mengucapkan, "Assalaamualaikum". Maka Rasulullah SAW pun membalas dengan ucapan "Waalaikum salaam wa rahmah".

Orang kedua datang dengan mengucapkan "Assalaamualaikum wa rahmatullah". Maka Rasulullah membalas dengan, "Waalaikum salaam wa rahmatullah wabarakatuh".

Ketika orang ketiga datang dan mengucapkan "Assalaamualaikum wa rahmatullah wabarakatuhu." Rasulullah SAW menjawab "Waalaika".

Orang yang ketiga terperanjat dan bertanya, namun tetap dengan rendah hati, "Wahai Rasulullah, ketika mereka mengucapkan salam yang ringkas kepadamu, engkau membalas dengan salam yang lebih baik kalimatnya. Sedangkan aku memberi salam yang lengkap kepadamu, aku terkejut engkau membalasku dengan sangat singkat hanya dengan waalaika."

Rasulullah SAW menjawab, "Engkau sama sekali tidak menyisakan ruang bagiku untuk yang lebih baik. Karena itulah aku membalasmu dengan ucapan yang sama sebagaimana yang dijabarkan Allah di dalam Al-Quran." Ternyata orang ketiga tersebut adalah orang kafir.

Demikian Cara Menjawab Salam 'Assalamualaikum' dari Non-Muslim. Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*

You're reading Cara Menjawab Salam 'Assalamualaikum' dari Non-Muslim. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Newest
You are reading the newest post

0 Response to "Cara Menjawab Salam 'Assalamualaikum' dari Non-Muslim"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *