Shalat Tarawih 8 Rakaat, Haditsnya Sahih

Shalat Tarawih 8 Rakaat, Haditsnya Sahih

Shalat Tarawih 8 Rakaat, plus Witir 3 Rakaat, Total 11 Rakaat, Haditsnya Sahih.


Sholat Taraweh merupakan ibadah shalat sunah khas bulan Ramadhan. Salat ini dikerjakan setelah mengerjakan shalat Isya’. Shalat tarawih dikerjakan secara berjamaah sejak masa kekhalifahan Umar bin Khattab.


Biasanya, usai menyelesaikan salat Isya’, ada ceramah taraweh. Setelahnya, jamaah melaksanakan shalat Tarawih berjamaah.


Pahala shalat Tarawih  amat besar. Rasulullah SAW bersabda: 


“Barangsiapa beribadah di malam Ramadan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka ia dihapus dosanya yang telah lampau” (HR. Bukhari)


Jumlah Rakaat Shalat Tarawih


Ada dua pendapat mengenai jumlah rakaat dalam salat Tarawih. Pendapat pertama mengatakan jumlah rakaatnya 20, ditambah dengan 3 rakaat salat Witir, maka menjadi 23. Umumnya dilakukan warga NU (Nahdliyin).


Pendapat kedua, shalat tarawih adalah 8 rakaat. Menjadi 11 rakaat karena ditambah 3 rakaat shalat Witir. 


Pendapat kedua ini paling mudah dikerjakan. Umumnya pengikut Muhammadiyah dan kaum muslim di kota-kota besar mengerjakan salat Tarawih 8 rakaat  plus 3 rakaat witir, jadi 11 rakaat.


Apa landasan hukum bagi yang mengerjakan salat Tarawih sebanyak 8 rakaat ini? Berikut ini hadits shahih tentang shalat tarawih 8 rakaat plus witir 3 rakaat.


Diriwayatkan dari Aisyah r.a., ketika ia ditanya mengenai shalat Rasulullah SAW pada Ramadhan, Aisyah menjawab, "Nabi SAW tidak pernah melakukan shalat sunah pada Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari 11 rakaat.


"Beliau (Rasulullah Saw) shalat empat rakaat dan jangan engkau tanya bagaimana bagus dan indahnya. Ke mudian, beliau shalat lagi empat rakaat, dan jangan engkau tanya bagaimana indah dan panjangnya. Kemudian beliau shalat lagi tiga rakaat." (HR Bukhari dan Muslim).


“Beliau (Nabi Muhammad Saw) tidak pernah menambah (jumlah rakaat) di bulan Ramadan dan selain Ramadan dari sebelas rakaat. Beliau shalat empat (rakaat), jangan tanya bagus dan panjangnya. Kemudian beliau shalat lagi empat (rakaat), jangan tanya bagus dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga (rakaat) ” (HR. Bukhari).


Ada juga hadis shahih lainnya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Aisyah r.a.


عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّى فِيمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلاَةِ الْعِشَاءِ وَهِىَ الَّتِى يَدْعُو النَّاسُ الْعَتَمَةَ إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَة


Dari A’isyah, istri Nabi Muhammad SAW, ia berkata, "Rasulullah pernah melakukan salat pada waktu antara setelah selesai Isya yang dikenal orang dengan ‘Atamah hingga Subuh sebanyak sebelas rakaat di mana beliau salam pada tiap-tiap dua rakaat, dan beliau salat witir satu rakaat.” (HR. Muslim).


Demikian dalil shahih shalat tarawih 8 rakaat plus 3 rakaat shalat witir sehingga jumlahnya 11 rokaat.*


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post