Keutamaan, Pahala, dan Manfaat Mendengarkan Ceramah

Keutamaan, Pahala, dan Manfaat Mendengarkan Ceramah

Mendengarkan ceramah, menghadiri majelis ilmu, majelis taklim, atau pengajian, adalah ibadah yang mengandung keutamaan, pahala, dan manfaat bagi kaum muslim. Berikut ini Keutamaan, Pahala, dan Manfaat Mendengarkan Ceramah di masjid atau tempat pengajian lainnya.

Dimudahkan jalannya menuju surga

Mendengarkan ceramah termasuk menuntut ilmu. Barangsiapa menuntut ilmu, maka akan dimudahkan jalannya menuju surga Allah Swt.

مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ

“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR Tirmidzi dan Abu Daud).

Mendapatkan ketenangan, rahmat dan dimuliakan malaikat

Orang yang mendengarkan ceramah layaknya mempelajari Al-Qur’an yang dibahas atau menjadi dalil yang dikemukakan penceramah. Mendengarkan ceramah akan mendapatkan ketenangan, rahmat, dimuliakan malaikat, dan disebut Allah Swt.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَه

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR Muslim).

Makna dari وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ “mereka akan dilingkupi para malaikat“, dijelaskan oleh Al Mula Ali Al Qari:

مَعْنَاهُ الْمَعُونَةُ وَتَيْسِيرُ الْمُؤْنَةِ بِالسَّعْيِ فِي طَلَبِهِ

“Maknanya mereka akan ditolong dan dimudahkan dalam upaya mereka menuntut ilmu” (Mirqatul Mafatih).

Merupakan jihad fi sabilillah

Mendengarkan ceramah, menghadiri majelis ilmu, atau berangkat ke masjid untuk menuntut ilmu agama (Islam) dianggap sebagai jihad fi sabilillah. 

مَن دخَل مسجِدَنا هذا لِيتعلَّمَ خيرًا أو يُعلِّمَه كان كالمُجاهِدِ في سبيلِ اللهِ ومَن دخَله لغيرِ ذلكَ كان كالنَّاظرِ إلى ما ليس له

“Barangsiapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarinya, maka ia seperti mujahid fi sabilillah. Dan barangsiapa yang memasukinya bukan dengan tujuan tersebut, maka ia seperti orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya” (HR Ibnu Hibban).

Taman Surga

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَامَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْاقَالُوْ ايَارَسُوْلَ اللَّهِ ,وَمَارِيَاضُ الْجَنَّةِ؟ قَالَ مَجَالِسُ الْعِلْمِ.

"Nabi Muhammad ﷺ bersabda: Ketika lewat kalian di taman-taman surga, maka singgahlah. Sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, apa taman-taman surga itu? Rasulullah menjawab: taman-taman surga itu adalah majelis-majelis ilmu." (HR Thabrani)

Demikian Keutamaan, Pahala, dan Manfaat Mendengarkan Ceramah. Karena berpahala dan bermanfaat besar, maka godaannya pun akan besar, sehingga banyak orang merasa malas atau enggan mendengarkan ceramah agama. Wallahu a'lam bish-shawabi.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post