Pengertian Takhayul, Bid'ah, dan Khurafat (TBC)

Pengertian Tahayul, Bid'ah, dan Khurafat (TBC)
Takhayul, Bid'ah, dan Khurafat (TBC) adalah "tiga sekawan kebatilan" yang masih hidup di kalangan umat Islam. Islam melarang ketiganya. 

Berikut ini Pengertian Takhayul, Bid'ah, dan Khurafat yang diolah Risalah Islam dari berbagai sumber terpercaya.

Pengertian Takhayul


Menurut kamus bahasa, takhayul artinya (1) (sesuatu yang) hanya ada dalam khayal belaka: (2) kepercayaan kepada sesuatu yang dianggap ada atau sakti, tetapi sebenarnya tidak ada atau tidak sakti (KBBI).

Ada kepercayaan yang sampai kini masih melekat dalam diri sebagian umat Islam di tanah air tentang bulan Safar, yaitu bahwa bulan Safar (shofar) adalah bulan naas, bulan yang penuh kesialan.

Alasannya, kata Safar berarti sejenis penyakit di dalam perut, berbentuk ulat besar yang dapat membunuh.

Kepercayaan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Jahiliyah. Ketika itu mereka menganggap bulan Safar sebagai bulan yang sarat dengan kejelekan. Di samping itu, mereka juga menganggap Rabu sebagai hari nahas, terlebih Rabu terakhir setiap bulan.

Kepercayaan atau tahayul ini sebenarnya sudah dihilangkan oleh Islam. Rosulullah pernah berdebat dengan orang Badui. “Tidak ada penyakit menular dan tidak ada kepercayaan pada tahayul,” sabda Nabi Muhammad saw.

Badui berkata, “Lantas, bagaimana dengan unta yang sehat, kemudian sakit setelah didekati unta yang sakit?” Nabi menjawab, “Lalu siapa yang menulari unta pertama?”

Perdebatan ini menegaskan, kepercayaan seperti itu tidak ada dan tidak dibenarkan adanya menurut pandangan Islam. Dalam HR Bukhari dan Muslim Rasulullah bersabda, yang artinya: “Tidak ada ‘adwa, thiyarah, hamah, dan safar”.

 ‘Adwa penularan penyakit. Thiyarah yaitu merasa bernasib sial atau meramal nasib buruk karena melihat burung, binatang lainnya. Hamah maksudnya burung hantu. Safar adalah bulan kedua dalam tahun Hijriyah, yaitu bulan sesudah Muharam.

Islam tidak mengenal adanya hari atau bulan nahas, celaka, sial, malang dan yang sejenis. Yang ada hanyalah bahwa setiap hari dan atau bulan itu baik, bahkan dikenal hari mulai (Jum’at) dan bulan mulia (seperti bulan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah).

Jelas, tahayul tidak ada tempat dalam Islam dan dalam hati kaum Muslimin. Takhayul merupakan bentuk syirik. Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, Nabi Saw berkata: "Tiyarah (takhayul) ialah sejenis syirik" (HR. Tirmizi).

Ketika belakangan sering terjadi kasus kesurupan massal, juga individual, orang menyebutnya ”kemasukan setan, jin, atau makhlus halus”. Ini juga tahayul! Karena menurut para ahli, kesurupan adalah fenomena psikologis, tidak ada kaitan sama sekali dengan makhluk halus. Kesurupan adalah semata-mata fenomena alami yang bisa terjadi pada manusia dan tidak pandang bulu di belahan dunia mana pun. Terutama di masyarakat yang tingkat kesulitan dihupnya tinggi.

Fenomena kesurupan berkaitan dengan masalah stress hidup dan beban hidup masyarakat. Dalam masyarakat yang penuh ketidakpastian, kesulitan ekonomi yang sangat membebani para korban, dan ketidak menentuan masa depan, turut andil bagian dalam memperbesar terjadinya kesurupan.

Pada kasus anak-anak sekolah, mereka yang terkena rata-rata kehidupan ekonominya susah, mikirin beban pelajaran, ditambah dengan mikirin buku yang tidak terbeli dan SPP yang belum dibayar otomatis membuat sang anak menjadi sangat stress dan berusaha untuk ditahan. Pada puncaknya, jika sang anak tidak mampu untuk menahan ini, maka akan meledak dan terjadilah kesurupan.

Kesurupan adalah fenomena biasa dalam dunia psikologi dan fisiologi. Apa yang terjadi pada mereka hanyalah masalah psikis yang disebut trance disorder.

Orang yang mengalami hal ini akan bisa spontan teriak-teriak dan bahkan berkata-kata yang tidak biasanya di lakukan. Ini disebut dengan munculnya sifat ganda, karena pada dasarnya setiap orang mempunyai karakter lebih dari satu.

Dalam keadaan trance, seseorang akan memcunculkan karakter yang lain yang biasanya tidak ditampakkan. Singkatnya, fenomena trance alias kesurupan ini bukanlah hal aneh dan perlu dimistifikasi. Ini adalah fenomena alam biasa, yang disebabkan oleh tekanan jiwa.

Pengertian Bid'ah

Secara bahasa, bid'ah atau bidah adalah (1) perbuatan atau cara yang tidak pernah dikatakan atau dicontohkan Rasulullah atau sahabatnya, kemudian dilakukan seolah-olah menjadi ajaran Islam;
(2) pembaruan ajaran Islam tanpa berpedoman pada Alquran dan hadis; (3) kebohongan; dusta (KBBI).

Dalam Islam, bid’ah adalah suatu amalan yang diada-adakan atau menambah amalan dalam ritual ibadah, padahal tidak dicontohkan oleh Rosulullah Saw, sebagaimana pengertian secara bahasa yang pertama di atas.

Secara bahasa, bid'ah artinya penciptaan atau inovasi yang sebelumnya belum pernah ada. Maka semua penciptaan dan inovasi dalam ritual agama (ibadah mahdhah), yang tidak pernah ada pada zaman Rasulullah, disebut bid'ah.

“Hati-hatilah kalian terhadap perkara yang diada-adakan, karena setiap perkara baru itu bid’ah. Dan setiap kebid’ahan adalah sesat, dan setiap kesesatan tempatnya di neraka” (HR. Baihaqy, An Nasai)

“Barang siapa melakukan suatu amalan (dalam agama) yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim).

“Barangsiapa yang mengada-adakan hal baru dalam urusan kami ini (agama) padahal bukan dari bagiannya maka ia tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Secara bahasa bid’ah adalah sesuatu yang diada-adakan tanpa ada contoh sebelumya.

Secara istilah (syariat) adalah sebagaimana perkataan Imam Asy-Syatibi, “Bid’ah adalah suatu cara yang diada-adakan di dalam agama yang menyerupai agama dengan tujuan untuk berlebih-lebihan dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.”

Bukan termasuk bid’ah jika sesuatu itu diada-adakan di luar agama (ibadah mahdhah) untuk kemaslahatan dunia, seperti pengadaan teknologi dalam transportasi, industri, atau yang lainnya.

Imam Malik berkata: "Barang siapa melakukan inovasi dalam agama Islam dengan sebuah amalan baru dan menganggapnya itu baik, maka sesungguhnya ia telah menuduh Muhammad Saw menyembunyikan risalah, karena Allah Swt menegaskan dalam Surah Al-Maidah:3, yang artinya, "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni'mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu".

Bid’ah juga terjadi dalam bidang akidah. Syekh Yusuf Qardadhawi dalam bukunya, Fiqih Prioritas, menyatakan, keyakinan  yang  bertentangan dengan  kebenaran yang dibawa oleh Rasulullah Saw dan ajaran yang terdapat di dalam Kitab Allah disebut bid'ah  dalam akidah  (al-bid'ah al-i'tiqadiyyah).

Bid’ah mengingkari kesempurnaan Islam. Islam sudah mengatur berbagai sisi kehidupan manusia, mulai dari hal-hal besar seperti mengurus negara sampai hal-hal yang dianggap sebelah mata oleh manusia seperti tatacara buang hajat.

Tidak hanya kaum muslimin saja yang mengakuinya, bahkan orang kafir pun mengakui kesempurnaaan Islam tersebut.

Salah satu bahaya bid’ah adalah pelakunya tidak sadar bahwa dirinya telah berbuat dosa dengan perbuatan bid’ahnya, bahkan menyangka telah berbuat amal yang saleh.

Pengertian Khurafat 

Sumber khurafat (ejaan lama: churafat) adalah dinamisme dan animisme. Dinamisme adalah kepercayaan adanya kekuatan dalam diri manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, benda-benda, dan kata-kata. Sedangkan Animisme adalah kepercayaan adanya jiwa dan ruh yang dapat mempengaruhi alam manusia

Khurafat diartikan sebagai cerita-cerita yang mempesonakan yang dicampuradukkan dengan perkara dusta, atau semua cerita rekaan atau khayalan, ajaran-ajaran, pantangan, adat-istiadat, ramalan-ramalan, pemujaan atau kepercayaan yang menyimpang dari ajaran Islam

Khurafat adalah bid’ah dalam bidang akidah, yakni kepercayaan atau keyakinan kepada sesuatu perkara yang menyalahi ajaran Islam. Misalnya, meyakini kuburan orang saleh dapat memberikan berkah, memuja atau memohon kepada makhluk halus (jin), meyakini sebuah benda –tongkat, keris, batu, dll.—memikiki kekuatan ghaib yang bisa diandalkan, dan sebagainya.

Khurafat adalah budaya masyarakat Jahiliyah. Di antara khurafat mereka ialah mempercayai kepada arah burung yang berterbangan, memberi kesan kepada nasib mereka.

Masyarakat Jahiliah percaya, jika burung hantu menghinggapi dan berbunyi di atas sesebuah rumah, maka artinya salah seorang dari penghuni rumah itu akan meninggal dunia. Kepercayaan sebegini mengakibatkan penghuni rumah akan berdukacita.

Demikian Pengertian Takhayul, Bid'ah, dan Khurafat (TBC). Wallahu a’lam.  (www.risalahislam.com).*

16 Comments

  1. Artikelnya bagus-bagus, salah satu referensi yang tepat untuk ummat. Syukron :)

    ReplyDelete
  2. AnonymousMay 03, 2014

    Syukron, arikelnya insyaAlloh bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. Artikelny sngt bermanfaat. Bs menjadi referensi bagi ummat. Jazakumullah

    ReplyDelete
  4. Jon PamilJune 12, 2014

    IMAM AL-QURTHUBI KETIKA MENJELASKAN TENTANG AZAB BAGI PEMAKAN RIBA YANG AKAN BERJALAN OLENG SEPERTI ORANG KESURUPAN MENGATAKAN BAHWA AYAT INI MENJADI DALIL TENTANG BATHILNYA PENDAPAT YANG MENGINGKARI ADANYA KESURUPAN JIN. SYEKH IBNU TAIMIYAH MENGATAKAN BAHWA BISA MASUKNYA JIN KE TUBUH MANUSIA DISEPAKATI OLEH SELURUH ULAMA KECUALI MU'TAZILAH. NABI BERSABDA DALAM SEBUAH HADIS BAHWA JIN ITU BERJALAN DIPEMBULUH DARAH MANUSIA.

    ReplyDelete
  5. AnonymousJuly 13, 2014

    ijin copy n share

    ReplyDelete
  6. Lebih berbahaya lagi jika orang tersebut merasa paling pintar sendiri,(merasa Ahli Alqur'an dan Hadist) kemudian dengan menggunakan hawa nafsunya menuduh sesama muslim yg tidak segolongan dengan mengatakan "kamu Bid'ah", "Anda Tahayul" "Kamu Khurafat" dan lebih membahayakan lagi dengan mengatakan "Kamu Kafir" "Kamu Musyrik".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Org islam harus memgacu kepada riwayat dan sunah nabi muhammad saw. Jangan di lebih lebihkn atau di tambah tambahkan. Banyak sekali bidah, tahayul dan khurafat yg berkembang di indonesia.

      Delete
  7. Alhammdulillah..insyaAlloh bermanpaat bagi orang yang mengambil pelajaran..

    ReplyDelete
  8. Fenomena kesurupan sering terjadi baik secara perorangan belakang sering terjadi pada kelompok yang terjadi seara kartu domino terlepas dari keadaan "masalah psikis yang disebut trance disorder............" bagaimana penyembuhan langsung terhadap orang atau orang2 yang mengalami kejadian ini, terima kasih

    ReplyDelete
  9. bid ah kok dosa, gmn ini?? itu ruanglingkup n kesimpulan dangkal, kok bisa skrg sdh banyak org sdh mendosa2kan sesama, pdhal itu Hak Mutlak Allah SWT!!, sdh lah jangan terkungkung sama tafsir ini tafsir itu, semua orang punya pedoman masing2, jadi kuncinya cmn saling menghargai, dan pedoman untuk akhlak itu Al Qur'an dan Hadits dengan disertai Akalmu, jadi mau HR atau madzhab dari imam Syafi'i atau yang lain2, itu belum lah bisa jadi pembenaran akan perkara2, jadi sesama muslim tolonglah saling menghargai, jika berbeda tafsir, mari kita duduk sama2 (dialog)) terus mencari kesimpulan yang paling mendekati kebenaran, sungguh kebenaran yang Obyektif itu Kebenaran Allah SWT

    ReplyDelete
    Replies
    1. “Hati-hatilah kalian terhadap perkara yang diada-adakan, karena setiap perkara baru itu bid’ah. Dan setiap kebid’ahan adalah sesat, dan setiap kesesatan tempatnya di neraka” (HR. Baihaqy, An Nasai)

      “Barang siapa melakukan suatu amalan (dalam agama) yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim).

      “Barangsiapa yang mengada-adakan hal baru dalam urusan kami ini (agama) padahal bukan dari bagiannya maka ia tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

      Bid'ah itu dosa atau tidak mungkin bisa dilihat hasil bid'ah dari hadist di atas.
      Boleh kita berbeda juga harus saling menghargai dan tidak langsung menghujat orang dengan kata kata km salah/kafir/berdosa.
      Tapi ingat, jangan melakukan pembenaran, karena kebenaran itu sudah pasti kalo berpedoman dengan Al Qur'an dan As Sunnah.
      Jadi menurut saya pribadi, apabila kita mendapatkan suatu perkara atau perbedaan dalam menjalankan IBADAH, maka kita wajib berpedoman pada hadist hadist yang SHAHIH agar terhindar dari perkara BID'AH(menambahkan sesuatu dalam beribadah padahal tidak dicontohkan oleh Nabi) karena amalan ibadahnya akan tertolak juga mengandung kesesatan dan setiap kesesatan itu tempatnya di neraka. Syukron

      Delete
  10. hari gini masih debat soal Bid'ah dll,,

    ketinggalan jaman anget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha, Anda sendiri ngapain juga baca postingan tentang bid'ah ini? Bid'ah masih banyak di kalangan umat Bung, karena merasa benar, dakwah harus terus sampai kiamat!

      Delete
  11. Banyak contoh kejadian dilapangan ketika seorang menyampaikan terkait Takhayul, Bid'ah, dan Khurafat, namun belum belajar adab dan dakwa, justru malah semakin membuat image negatif para penyeru dakwah sunnah tersbut.
    SyukrAN akh, artikel di blog ini bagus-bagus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post