Keutamaan Sedekah Hari Jumat

pahala sedekah
Keutamaan Sedekah Hari Jumat. Sedekah di hari apa pun sangat baik. Tidak ada yang meragukan kebaikan dan keajaiban pahala sedekah. Namun, jika sedekah dilakukan hari Jumat, ibadah ini pun menjadi sangat istimewa karena dilakukan di hari istimewa --Jumat adalah sayyidul ayyam, penghulu hari-hari, dan hari terbaik.

Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

"Dan sedekah pada hari itu (Jumat) lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”. (HR Ibnu Khuzaimah, Mauquf Shahih). 

Keutamaan sedekah hari Jumat disebutakan dalam sebuah riwayat Ibnu ‘Abbas r.a.. Ia berkata, Abu Hurairah dan Ka’ab pernah berkumpul. Lalu Abu Hurairah r.a. berkata, “Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim bertepatan dengannya dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala melainkan Dia akan men-datangkan kebaikan itu kepadanya.”

Ka’ab r.a berkata, “Maukah engkau aku beritahu kepadamu tentang hari Jum’at? Jika hari Jum’at tiba, maka langit, bumi, daratan, lautan, pohon, lembah, air, dan makhluk secara keseluruhan akan panik, kecuali anak Adam (umat manusia) dan syaitan. Dan para Malaikat berkeliling mengitari pintu-pintu masjid untuk mencatat orang-orang yang datang berurutan. Dan jika khatib telah naik mimbar, maka mereka pun menutup buku lembaran-lembaran mereka."

Ia melanjutkan, "Dan merupakan kewajiban bagi setiap orang yang sudah baligh untuk mandi seperti mandi janabah. Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih afdhal dari hari Jum’at, dan shadaqah pada hari itu lebih agung daripada hari-hari lainnya."

Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’aad (I/407) mengatakan, “Sesungguhnya sedekah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti sedekah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya."

Kencleng Jumat yang biasa "lewat" di hadapan jamaah shalat Jumat termasuk peluang dan ladang amal sedekah yang tidak boleh disia-siakan. Kencleng Jumat merupakan sumber dana untuk operasional masjid dan kegiatan dakwah / syi'ar Islam.

Demikian keutamaan sedekah hari Jumat sekaligus menunjukkan keistiwaan hari Jumat itu sendiri. Semoga Allah SWT memberi kita kekuatan agar gemar bersekah, khususnya hari Jumat. Amin...! (www.risalahislam.com).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post