Jasa Membuat Blog


Doa & Dzikir Mengatasi Masalah Hidup

Hasbunallah wani’mal-wakîl, ni’mal-mawlâ, wani’man-nashîr
SETIAP manusia punya masalah. Pasalnya, hidup ini adalah ujian dari Allah SWT untuk mengetahui siapa yang terbaik amalannya.


"Sesungguhnya kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan bagimu, agar kami menguji mereka siapakah di antara mereka terbaik perbuatannya." (QS. Al-Kahfi:17)

Selain itu, setiap Muslim atau orang beriman pasti menghadapi ujian dari Allah SWT. (Baca: Jenis-Jenis Ujian Iman bagi Kaum Muslim).

Sebagai pedoman hidup yang lengkap dan sempurna, Risalah Islam sudah memberi bimbingan pada kita saat kita dihimpit masalah, dirundung duka, dibebani kesulitan hidup, juga merasa berada dalam ancaman.

Salah satunya adalah doa dan dzikir.  Ketika menghadapi masalah, selain berikhtiar mengatasinya, ucapkanlah doa atau dzikir:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ


“Hasbunallah wani’mal-wakîl, ni’mal-mawlâ, wani’man-nashîr".

Artrinya: "Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami".

Doa "Hasbunallah Wani'mal Wakil..." tersebut berisi pernyataan ketergantungan kita kepada Allah SWT, memohon perlindungan-Nya, dan mengembalikan semua masalah kepada-Nya.


Doa dan dzikir tersebut merupakan gabungan doa dari Al-Quran yaitu Surat Ali Imran (3) ayat 173 dan Al-Anfal (8) ayat 40.

“(Yaitu) orang-orang (yang menta’ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan:”Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “HasbunalLâh Wani’mal-Wakîl”, Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS. 3:173).

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong [Ni'mal-Mawla Wani'man-Nashîr]“. (QS. 8:40).

Dalam sebuah hadits Shahih Bukhari disebutkan:

"Nabi Saw datang pada hari Perang Uhud, lalu ada yang berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya orang-orang (kafir) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerangmu, maka takutlah kepada mereka!' Lalu beliau Saw mengucapkan 'Hasbunallah wani'mal wakil, kemudian Allah menurunkann ayat: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung". (HR. Bukhari).

Setiap Muslim harus mengamalkan doa atau dzikir tersebut. Selain sebagai perwujudan sikap tauhid (mengesakan Allah), juga menegaskan keimanan bahwa Allah Maha Berkuasa segala sesuatu dan kita yakin akan kekuasaan-Nya yang bisa melindungi kita dari segala keburukan.

Semoga Allah SWT senantiasa menolong kita dalam mengatasi masalah hidup. Semoha doa dan dzikir di atas juga menjadi amalan rutin kita. Doa pun termasuk ibadah dan bukti keimanan. Amin...! Wallahu a’lam bish-shawabi (http://www.risalahislam.com).*

You're reading Doa & Dzikir Mengatasi Masalah Hidup. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Doa & Dzikir Mengatasi Masalah Hidup"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top