Jasa Membuat Blog


Islam Ajarkan Dakwah Menyejukkan dan Lemah-Lembut

dakwah islam
ISLAM mengajarkan umat Islam agar mendakwahkan Islam dengan kelemah-lembutan, tidak kasar, apalagi dengen kekerasan.


Al-Quran menegaskan, sikap kasar akan menjauhkan orang-orang dari Islam.

"Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal." (QS. Ali-Imran ayat 159)

Dalam Al-Quran Allah SWT juga mengisahkan dakwah Nabi Musa a.s. dan Nabi Harun a.s. yang lemah-lembut kepada Fir'aun. Allah SWT memerintahkan perkataan yang lemah-lembut (Qulan Layina).

"Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan Qulan Layina –kata-kata yang lemah-lembut…” (QS. Thaha: 44).

Qaulan Layina berarti pembicaraan yang lemah-lembut, dengan suara yang enak didengar, dan penuh keramahan, sehingga dapat menyentuh hati.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan, yang dimaksud layina ialah kata kata sindiran, bukan dengan kata kata terus terang atau lugas, apalagi kasar.

Ayat di atas adalah perintah Allah SWT kepada Nabi Musa dan Harun agar berbicara lemah-lembut, tidak kasar, kepada Fir’aun. Dengan Qaulan Layina, hati komunikan (orang yang diajak berkomunikasi) akan merasa tersentuh dan jiwanya tergerak untuk menerima pesan komunikasi kita.

Menurut Tafsir Al-Qurtubi, ayat ini merekomendasikan untuk memberi peringatan dan melarang sesuatu yang munkar dengan cara yang simpatik melalui ungkapan atau kata-kata yang baik dan hendaknya hal itu dilakukan dengan menggunakan perkataan yang lemah lembut, lebih-lebih jika hal itu dilakukan terhadap penguasa atau orang-orang yang berpangkat. Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*

You're reading Islam Ajarkan Dakwah Menyejukkan dan Lemah-Lembut. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Islam Ajarkan Dakwah Menyejukkan dan Lemah-Lembut"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Back to Top