Masjid Al-Aqsha vs Kubah Emas di Jerusalem Palestina

Masjid Al-Aqsha dan Kubah Emas di Jerusalem Palestina adalah dua masjid yang berbeda. Kubah Emas bagian dari Kompleks Masjid Aqsho.

Masjid Al-Aqsha vs Kubah Emas di Jerusalem Palestina

ISRAEL tak henti-hentinya mengusik Masjid Al-Aqsha sejak pertama mereka menjajah tempat tersebut. Zionis Yahudi memang berniat menghancurka Masjid Al-Aqsha hingga rata dengan tanah agar dibangun di atasnya Haikal (kuil) yang mereka impikan.

Namun, ketika kita berbicara tentang Masjid Al-Aqsha, banyak kaum muslimin yang bingung, manakah yang disebut Masjid Al-Aqsha. 

Di antara mereka ada yang menganggap, masjid suci ketiga umat Islam setelah Masjid Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah itu adalah bangunan yang mempunyai Kubah Emas (Kubbah Shakhra). 

Sebagian yang lain mengira Masjid Al-Aqsha adalah masjid yang berkubah biru kehitam-hitaman.

Tentu, anggapan itu tidak benar. Masjid Al-Aqsha lebih luas dari itu. Masjid Al-Aqsha adalah seluruh wilayah yang tercakup dalam pagar Al-Aqsha yang terletak di sebelah tenggara Al-Quds Kota Lama. 

Wilayah tersebut mencakup Kubbah Shakhra yang berwarna kuning keemasan, terletak di bagian tengah kompleks Al-Aqsha. Kemudian mencakup juga Musholla Qibali (tempat shalat kiblati) yang berwarna biru kehitam-hitaman yang terletak di sebelah selatan kompleks Al-Aqsha.

Selain itu, ada sekitar 200 bangunan lainya yang berada di dalam ruang lingkup pagar Al-Aqsha, seperti masjid, kubah, ruangan, sekolah, pepohonan, mimbar, menara, pintu gerbang, sumur, dan perpustakaan.

Masjid Al-Aqsha

Luas Masjid Al-Aqsha sekitar 144 acre (1000 meter persegi) menempati 1/6 luas Al-Quds yang berpagar, berbentuk persegi panjang tak beraturan di sebelah selatanya sepanjang 281 m. Bagian utaranya sepanjang 310 m. Bagian timurnya 462 meter. Bagian baratnya 491 m.

Luas Masjid Al-Aqsha tidak pernah berubah sejak ia dibangun. Tidak mengalami perluasan ataupun penyempitan. Berbeda dengan Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi yang mengalami perluasan beberapa kali sejak ia dibangun pertama kalinya.

Masjid Al-Aqsha adalah tempat Nabi Muhammad melakukan perjalanan mi'raj ke Sidratul Muntaha. Oleh karena itu, Masjid Al Aqsa menjadi situs tersuci ketiga dalam Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Al-Jami' al-Aqsha juga berbeda dengan Masjid Umar, yaitu sebuah masjid yang dibangun pada masa kekuasaan Dinasti Ayyubiyah pada abad ke-12, untuk mengenang pengambil-alihan Yerusalem oleh Umar bin Khattab yang mewakili umat Islam.

Kubah Emas

Kubah Shakhrah (مسجد قبة الصخرة (Qubbah As-Sakhrah) atau Dome of the Rock (Kubah Batu) adalah sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsha.

Masjid Al-Aqsha vs Kubah Emas di Jerusalem Palestina
Masjid Kubah Emas di Kompleks Masjid Al-Aqsho.


Kubah Shakhrah ini selesai didirikan tahun 691 Masehi, menjadikannya bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia.

Demikian perbedaan Masjid Al-Aqsha dan Kubah Emas yang ada di Jerusalem Palestina.*

2 Comments

  1. Islam tak henti-hentinya mengusik
    Masjid Al-Aqsha sejak pertama
    kali mereka menjajah tempat tersebut
    hingga angan-angan mereka untuk
    menghancurkanya hingga rata dengan
    tanah agar dibangun di atasnya Haikal
    (kuil) yang mereka impikan.

    Islam? atau yahudi mbak?

    ReplyDelete
  2. Afwan, salah ketik, sudah kami koreksi, terima kasih, jazakillah.......

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post