Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Benar

Pengertian Minal 'Aidin wal Faizin
Makna, Arti, Pengertian & Penulisan Minal 'Aidin wal Faizin yang Sebenarnya.
 
TANYA: Assalamu'alaikum. Kalo lebaran kita suka mengucapkan kata Minal 'Aidin wal Faizin. Apa artinya? Apakah artinya "Mohon maaf lahir dan batin"? Bagaimana cara menulisnya yang benar? Terima kasih...

JAWAB: Wa'alaikum salam wr wb. Ungkapan minal ‘aidin walfaizin ( من العاءدين و الفاءيزين ) memang biasa dirangkai dengan ucapan “mohon maaf lahir dan batin”, seolah-olah ungkapan minal aidin wal faizin mengandung arti “mohon maaf lahir dan batin” padahal bukan itu artinya.

Ungkapan minal ‘aidin wal faizin mengandung dua kata pokok, yaitu kata ‘aidin dan kata al-faizin.  
  1. ‘Aidin artinya “orang yang kembali”. Bentuk dasarnya adalah ‘id yang artinya kembali. 
  2. Al-Faizin artinya “orang-orang yang beruntung”, dari kata faza yang artinya keberuntungan atau kemenangan.

Menurut sebuah riwayat, ungkapan minal ‘aidin wal faizin diucapkan oleh para sahabat Nabi Muhammad Saw sekembalinya dari Perang Badar.

Pengertian Minal 'Aidin wal Faizin
Ungkapan itu diucapkan sebagai luapan bahagia sepulangnya dari medan perang seraya membawa keberuntungan karena dapat menjadi pemenang dalam peperangan itu.

Lengkapnya, ungkapan itu adalah sebuah doa: Allahumaj ’alna minal ’adin wal faizin, ”Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”. Maka, sambutlah dengan ucapan ”Amin” atau "Taqobbal Ya Karim" jika seseorang menyalami kita sambil mengucapkan kalimat tersebut.

Kesimpulan
Ungkapan Minal 'Aidin wal Faizin artinya "Ya Allah, jadikanlah kami golongan orang-orang yang kembali dan menang".

Perhatkan pula cara penulisannya yang benar: Minal 'Aidin wal Faizin. Wallahu a'lam bish-shawabi. (http://www.risalahislam.com).*

1 Comments

  1. Tapi min ana perih ngeliat org org indo nulis minal aidzin wal faidzin padhal klo namanya semua bahasa satu huruf berbeda bisa beda artinya semuanya kan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post