Sholat Sunat Rawatib Menutupi Kekurangan Shalat Wajib

sholat
Pengertian dan Macam-Macam Shalat Sunah Rawatib serta pahala bagi yang Melakukannya.

SHALAT sunat akan menutupi kekurangan sholat wajib (fardhu) yang lima waktu --Subuh, Zhuhur, 'Ashar, Maghrib, dan Isya. Siapa mendawamkan shalat sunah rawatib akan dibangunkan rumah di surga.

Sholat sunah rawatib adalah sholat sunat sebanyak dua hingga empat rokaat yang dilakukan sebelum dan/atau sesudah shalat wajib / fardhu.

مَنْ صَلَّى فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ

"Barangsiapa sehari semalam mengerjakan shalat 12 raka’at (sunnah rawatib), akan dibangunkan baginya rumah di surga, yaitu: 4 raka’at sebelum Zhuhur, 2 raka’at setelah Zhuhur, 2 raka’at setelah Maghrib, 2 raka’at setelah ‘Isya dan 2 raka’at sebelum Shubuh.” (HR. Tirmidzi dan An-Nasai).

Berdasarkan hadits di atas, berikut ini jenis-jenis shala sunat rawatib yang mengiringi shalat fardhu:

  1. Sholat sunat Qobliyah Subuh (sholat sunat fajar), dilakukan sebelum Subuh 2 rokaat.
  2. Sholat sunat Qobliyah (sebelum) Zhuhur 4 rokaat
  3. Sholat sunat Ba'diyah (setelah) Zhuhur 2 rokaat
  4. Sholat sunat Ba'diyah (setelah) Maghrib 2 rokaat
  5. Sholat sunat Ba'diyah (setelah) Isya 2 rokaat
Sesuai dengan sunah Rasulullah Saw, tidak ada shalat sunah ba'diyah Subuh dan tidak ada pula shalat sunah qobliyah dan ba'diyah Ashar. Demikian pula tidak dikenal shalat qobliyah Jumat.

Menutupi Kekurangan Shalat Wajib

Amalan wajib yang pertama kali dihisab di akhirat adalah ibadah sholat. Sholat sunat bisa menutupi kekurangan sholat wajib ditegaskan dalam hadits riwayat Abu Dawud dari Abu Hurairah r.a. berikut ini:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab di hari kiamat adalah ibadah Sholat. Rabb kita berkata kepada para malaikat-Nya sementara Dia Maha Mengetahui: "Lihatlah sholat hamba-Ku, apakah sempurna atau kurang?" 

Jika shalat wajibnya sempurna, maka dicatat baginya telah sempurna, dan bila kurang dari shalat wajibnya itu, Allah berfirman: "Lihatlah, apakah hamba-Ku ini memiliki amal ibadah sholat sunah?"
Apabila ia memiliki amal ibadah sholat sunat, Allah berfirman: "Sempurnakanlah untuk hamba-Ku shalatnya yang kurang dengan amal ibadah shalat sunahnya itu." Kemudian diambillah amal-amal shalat sunah itu untuk menyempurnakan amal ibadah shalat wajib yang kurang.

Dibangunkan Rumah di Surga

Bagi yang rajin shalat sunah rawatib juga ada pahala besar berupa bangunan di surga, sebagaimana hadits di atas dan hadits lainnya berikut ini:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

"Barangsiapa yang mengerjakan shalat 12 raka’at (sunnah rawatib) sehari semalam, akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Muslim).

Semoga ulasan ringkas tentang shalat sunah ini menjadi motivasi bagi kita untuk rajin (mendawamkan) shalat sunah, baik sunat rawatib maupun yang lainnya seperti tahajud dan dhuha, guna kian mendekatkan diri kita kepada Allah SWT sehingga rahmat dan ampunan-Nya akan senantiasa dilimpahkan kepada kita. Amin....! (http://www.risalahislam.com).*

Referensi: Shahihain, Pedoman Shalat Hasby Ash-Shiddiqy, Shahih Fiqh Sunnah Abu Malik

1 Comments

  1. makasi infonya semoga bermanfaat. mau koreksi sedikit untuk poit 4. ba'diah itu (setelah) bukan (sebelum)

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post