Hukum Shalat Jumat di Hari Raya Idul Fitri

Hukum Shalat Jumat di Hari Raya Idul Fitri


Hukum Shalat Jumat di Hari Raya Idul Fitri
TANYA: Bagaimana Hukum Shalat Jumat di Hari Raya Idul Fitri? Lebaran atau Idul Fitri 1 Syawal 1439 H bertepatan dengan Jumat 15 Juni 2018 M. Masih harus shalat Jumat?

JAWAB: Ini masalah khilafiyah. Ada dua pendapat. 
  1. Jika idul fitri di hari Jumat, kaum muslim tetap wajib melaksanakan shalat Jumat. 
  2. Jika idul fitri di hari Jumat, kaum Muslim boleh tidak menghadiri shalat Jum’at dan menggantinya dengan shalat dhuhur biasa. Namun, pihak masjid dianjurkan untuk tetap menggelar shalat Jum’at agar yang ingin shalat Jum’at bisa hadir, begitu pula orang yang tidak shalat ‘id bisa.

Pendapat Pertama, yakni tetap wajib melaksanakan shalat Jum’at, merupakan pendapat mayoritas, namun sebgain ulama juga menggugurkan kewajiban shalat Jumat ini bagi orang yang bepergian atau nomaden.

Dalil pendapat pertama berdasakan QS Al-Jumu'ah:9 tentang kewajiban Shalat Jumat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS. Al Jumu’ah: 9)

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ

“Shalat Jum’at merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim dengan berjama’ah kecuali empat golongan: (1) budak, (2) wanita, (3) anak kecil, dan (4) orang yang sakit.” (HR. Abu Daud).

قَالَ أَبُو عُبَيْدٍ ثُمَّ شَهِدْتُ مَعَ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ فَكَانَ ذَلِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ، فَصَلَّى قَبْلَ الْخُطْبَةِ ثُمَّ خَطَبَ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ هَذَا يَوْمٌ قَدِ اجْتَمَعَ لَكُمْ فِيهِ عِيدَانِ ، فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْتَظِرَ الْجُمُعَةَ مِنْ أَهْلِ الْعَوَالِى فَلْيَنْتَظِرْ ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَرْجِعَ فَقَدْ أَذِنْتُ لَهُ

“Abu ‘Ubaid berkata bahwa beliau pernah bersama ‘Utsman bin ‘Affan dan hari tersebut adalah hari Jum’at. Kemudian beliau shalat ‘ied sebelum khutbah. Lalu beliau berkhutbah dan berkata, “Wahai sekalian manusia. Sesungguhnya ini adalah hari di mana terkumpul dua hari raya (dua hari ‘ied). Siapa saja dari yang nomaden (tidak menetap) ingin menunggu shalat Jum’at, maka silakan. Namun siapa saja yang ingin pulang, maka silakan dan telah kuizinkan.” (HR. Bukhari).

Boleh Tidak Jumatan

Pendapat orang yang telah menghadiri shalat ‘id boleh tidak menghadiri shalat Jum’at dipilih oleh mayoritas ulama Hambali. Dalilnya antara lain riwayat dari Iyas bin Abi Romlah Asy Syamiy, ia berkata, “Aku pernah menemani Mu’awiyah bin Abi Sufyan dan ia bertanya pada Zaid bin Arqom,

أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِى يَوْمٍ قَالَ نَعَمْ. قَالَ فَكَيْفَ صَنَعَ قَالَ صَلَّى الْعِيدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِى الْجُمُعَةِ فَقَالَ « مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ ».

“Apakah engkau pernah menyaksikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu dengan dua ‘ied (hari Idul Fitri atau Idul Adha bertemu dengan hari Jum’at) dalam satu hari?” “Iya”, jawab Zaid. Kemudian Mu’awiyah bertanya lagi, “Apa yang beliau lakukan ketika itu?” “Beliau melaksanakan shalat ‘ied dan memberi keringanan untuk meninggalkan shalat Jum’at”, jawab Zaid lagi. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mau shalat Jum’at, maka silakan.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Demikian Hukum Shalat Jumat di Hari Raya Idul Fitri. Intinya, jika seseorang telah menunaikan shalat Id yang bertepatan dengan hari Jumat, maka gugurlah kewajiban atasnya untuk menunaikan shalat Jumat. Dia boleh melaksanakan shalat Jumat, juga boleh tidak --menggantinya dengan shalat Zhuhur. Wallahu a'lam bish-shawab.*

Sumber: Hasbi Ash Shiddieqi, Koleksi Hadits Hukum (Al Ahkamun Nabawiyah); Taqiyuddin  
An Nabhani, Asy Syakhshiyah Al Islamiyah - Ushul Fiqh); Sabiq, Sayyid, Fikih Sunnah (Fiqhus Sunnah).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post