Download Buku Pintar Ramadhan (e-Book), Panduan Puasa Sesuai Sunah Rasul

Related Posts

Puasa Ramadhan harus kita lakukan sesuai dengan sunah Rasulullah Saw. Salah satu syarat ibadah diterima Allah SWT adalah ibadah itu dilakukan sesuai dengan contoh dari Nabi Saw.

Download Buku Pintar Ramadhan (e-Book), Panduan Puasa Sesuai Sunah Rasul


Buku Pintar Ramadhan (eBook) ini memberikan panduan bagaimana seharusnya ibadah puasa dan ibadah lainnya dilakukan selama Ramadhan.

Buku ini juga berisi hadits-hadits populer, namun lemah (dhoif), sehingga tidak layak dijadikan acuan dalam beramal selama Ramadhan.

Buku yang disusun Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid ini ini berisi antara lain:
  1. Keutamaan Puasa
  2. Etika Puasa
  3. Puasa dan Doa
  4. Hal yang Membatalkan Puasa
  5. Orang yang Boleh Tidak Puasa
  6. Kaffarah dan Qodho
  7. Pencuri Keberkahan Ramadhan
  8. Shalat Tarawih vs Qiyam Ramadan
  9. I'tikaf
  10. Ramadan dan Quran
  11. Zakat Fitrah
  12. Zakat Harta
  13. Idul Fitri
  14. Amalan Pasca Ramadhan

Soal niat puasa, misalnya, disebutkan niat merupakan syarat sah puasa Ramadhan berdasarkan hadits Nabi Saw: “Barangsiapa yang tidak berniat puasa dari malam, tidak ada puasa baginya.” (HR Nasai).

Niat adalah keinginan hati untuk berpuasa. Dengan demikian, siapa saja yang memasuki waktu sahur dan hatinya berkeinginan untuk berpuasa, maka hal itu telah mencukupi.

Selain itu, niat bertempat di hati dan mengucapkannya tidaklah dituntunkan. Wajib berniat di malam hari, yaitu dimulai sejak terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar. Tidaklah mengapa jika seorang berniat puasa Ramadhan di awal bulan dan diniatkan untuk satu bulan penuh.
Meskipun, memperbarui niat di setiap malam lebih diutamakan.

Salah satu hadits populer, namun dhoif, adalah soal pembagian bulan Ramadhan menjadi tiga bagian.

أَوَّلُهُ رَحْمَةٌ ، وَأَوْسَطُهُ مَغْفِرَةٌ ، وَآخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ النَّارِ

“Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka.” (Silsilah Hadits Dhoif).

Padahal, di setiap hari pada bulan Ramadhan pintu-pintu rahmat akan dibuka dan di setiap malam Allah akan membebaskan orang-orang dari neraka. Maka, di sepanjang bulan Ramadhan akan dipenuhi rahmat, ampunan, dan pembebasan dari api neraka, tidak terbatas pada beberapa fase.

Link: Download Buku Pintar Ramadhan

Link Download eBook Pedoman Puasa Lainnya

Download eBook Pedoman Puasa lainnya dari Jakim. Dalam buku ini dibahasa pedoman puasa secara menyeluruh, termasuk soal kontroversi jumlah rakaat shalat tarawih.

eBook Pedoman Puasa

Demikian link Download Buku Pintar Ramadhan (e-Book), Panduan Puasa Sesuai Sunah Rasul. Wasalam. (www.risalahislam.com).*

You're reading Download Buku Pintar Ramadhan (e-Book), Panduan Puasa Sesuai Sunah Rasul. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Download Buku Pintar Ramadhan (e-Book), Panduan Puasa Sesuai Sunah Rasul"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *