Hilal Sudah Terlihat, Sidang Isbat Tetapkan Ramadhan 1440 H Senin 6 Mei 2019 M

Related Posts

Hilal Sudah Terlihat, Sidang Isbat Tetapkan Ramadhan 1440 H Senin 6 Mei 2019 M
Hilal sudah terlihat di sejumlah lokasi pemantauan hilal, antara lain di Kolaka, Sulawesi Tenggara, di Merauke Papua, di Gresik Jawa Timur, dan di Cakung Jakarta.

Dengan demikian, pemerintah dipastikan menetapkan awal Ramadhan 1440 H jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Penetapan awal puasa dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) bersama ormas Islam dalam sidang isbat penentuan awal puasa atau tanggal 1 Ramadan 1440 Hijriyah di Jakarta, Minggu 5 Mei 2019. 

Untuk penentuan awal puasa Ramadan, Kemenag RI menerima laporan Rukyatul Hilal dari berbagai lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

Update:

Dilansir laman Tegas, di Sulawesi Tenggara (Sultra) Kemenag bersama jajaran memantau hilal di pantai desa Wolulu, Kecamatan Watubangga, Kolaka.

Kabupaten Kolaka menjadi satu-satunya pantauan hilal kanwil Kemenag untuk wilayah Sulawesi Tenggara sejak beberapa tahun terakhir, sebab dinilai sebagai wilayah pesisir pantai yang sangat cocok memantau hilal tanpa ada halangan pandang.

Pantauan hilal di kabupaten Kolaka dilaksanakan pada pukul 17.30 wita, menggunakan metode rukyatul hilal bil fi`ly atau pengelihatan bulan secara fisik.

Hasil pemantuan hari ini posisi hilal berada pada 5 derajat di atas ufuk, sehingga memenuhi syarat jika satu ramadhan jatuh pada Senin 06 Mei 2019.

“Untuk penentuan 1 Ramadhan harus menunggu sidang isbat Kementerian Agama,” kata Kasi Pembinaan Syariat dan Sistem Informasi Kemenag Sultra, Abdul Rauf.

Dalam Metode Rukyat, jika ada yang melihat hilal, maka sudah bisa dipastikan bahwa malam itu sudah masuk tanggal 1. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka jumlah hari dalam bulan tersebut akan digenapkan menjadi 30 hari.

Dalam pantauan hilal awal Ramadhan, Cukup Satu Saksi dalam Melihat Hilal Ramadhan.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 1440 hijriah jatuh pada 6 Mei 2019. Itu ditetapkan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid, PP Muhammadiyah.

Hal tersebut diumumkan PP Muhammadiyah lewat maklumat bernomor 01/MLM/I.0/E/2019 yang dikutip dari situs resmi organisasi kemasyarakatan Islam tersebut.

"Ijtimak jelang Ramadan 1440 H terjadi pada hari Ahad Kliwon, 5 Mei 2019 pukul 05:48:25 WIB," demikian nukilan maklumat PP Muhammadiyah.

Karena hilal telah terlihat, maka 1 Ramadan 1440 H dinyatakan jatuh pada Senin legi, 6 Mei 2019. (www.risalahislam.com).*

You're reading Hilal Sudah Terlihat, Sidang Isbat Tetapkan Ramadhan 1440 H Senin 6 Mei 2019 M. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Hilal Sudah Terlihat, Sidang Isbat Tetapkan Ramadhan 1440 H Senin 6 Mei 2019 M"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *