Pengertian Muhasabah dan Perintah Melakukannya

Muhasabah adalah kata atau istilah yang diserap dari bahasa Arab. Kata muhasabah merujuk pada amalan memikirkan dan mengevaluasi apa saja yang pernah dilakukan. Tulisan ini membahas pengertian muhasabah dan perintah melakukannya.

Pengertian Muhasabah

Arti Muhasabah

Dalam kamus bahasa Indonesia, muhasabah artinya introspeksi, yaitu  peninjauan atau koreksi terhadap (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dan sebagainya) diri sendiri; mawas diri

Muhasabah berasal dari akar kata hasiba yahsabu hisab yang secara etimologis berarti "melakukan perhitungan".

Dalam Al-Quran, Allah SWT memerintahkan kita untuk muhasabah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ (18) وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ (19)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. Al-Hasyr: 18-19).

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan, makna "dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)" yakni hitung-hitunglah diri kalian sebelum kalian dimintai pertanggung jawaban, dan perhatikanlah apa yang kamu tabung buat diri kalian berupa amal-amal saleh untuk bekal hari kalian dikembalikan, yaitu hari dihadapkan kalian kepada Tuhan kalian.

Dalam tulisannya seperti dilansir Republika, Sekjen Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Ahmad Kusyairi Suhail menyebutkan muhasabah adalah sebuah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya.

"Muhasabah merupakan salah satu saran yang dapat mengantarkan manusia mencapai tingkat kesempurnaan sebagai hamba Allah SWT," tulisnya.

Pentingnya Muhasabah

Menurut Ahmad Kusyairi, terdapat empat hal pentingnya bermuhasabah.

1. Perintah Allah SWT

Muhasabah merupakan perintah Allah SWT. Sesuai Alquran Surat al-Hasyr ayat 18, bahwa setiap orang beriman diwajibkan bertakwa kepada Allah. Setiap orang juga harus memperhatikan apa yang telah dilakukannya demi akhirat.

2. Barometer Keimanan

Muhasabah merupakan Qadhaaya Imaniyah atau diskursus keimanan. Artinya barometer keimanan seorang mukmin sangat ditentukan oleh sejauh mana ia menerapkan muhasabah dalam kehidupannya.

3. Sifat Orang Bertakwa

Muhasabah adalah karakter orang yang bertakwa. Mustahil seseorang sampai pada derajat takwa ketika tidak pernah mengiringi kehidupannya dengan muhasabah. Padahal, surga disiapkan Allah SWT hanya bagi orang-orang yang bertakwa.

4. Kunci Sukses

Muhasabah adalah kunci sukses kehidupan manusia yang unggul. Generasi terbaik umat Islam adalah para sahabat. Kehidupan mereka tidak pernah lepas dari kegiatan muhasabah diri.

Meksipun mereka telah melaksanakan kewajiban ibadah kepada Allah. Mereka tetap memiliki rasa takut amalan tidak diterima oleh Allah, sehingga berupaya untuk bermuhasabah.

Hal senada dikemukakan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Prof KH Ahmad Satori Ismail.

Dikatakan, muhasabah artinya mengevaluasi diri. Ketika shalat sebenarnya setiap orang dapat mengingat dosa-dosanya dan mengevaluasi perbuatan selama ini.

Muhasabah adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Dalam bermuhasabah hendaknya menyadari kekurangan diri sendiri dan kesalahan yang dilakukan. Tak hanya harian, muhasabah juga bisa dilakukan setiap pekan dan setiap bulan.

Muhasabah merupakan suatu keharusan dan dapat dilihat keindahannya ketika dilakukan sesuai dengan kemampuan. Jika mereka adalah kepala rumah tangga maka dia harus mengevaluasi diri layaknya tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga.

Demikian halnya dengan pemimpin yang bermuhasabah jangan sampai salah jalan tidak sesuai Alquran dan sunnah. Terutama memperbanyak doa agar hidup rakyatnya semakin tentram.

Muhasabah menjadi amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Muhasabah juga bagian dari manajemen diri, yang tahap pengendalian (controlling) dan evaluasi. Wallahua'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*

You're reading Pengertian Muhasabah dan Perintah Melakukannya. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pengertian Muhasabah dan Perintah Melakukannya"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *