Ka'bah Punya Kiswah Baru, Ini Penampakannya

Ka'bah Punya Kiswah Baru, Ini Penampakannya  sebagaimana dibagikan akun Twitter @HaramainInfo. Kiswah baru Ka'bah ini dipasang Kamis (30/7/2020) atau di Hari Arafah, sehari menjelang Idul Adha.


Kiswah baru Ka'bah

Kiswah baru Ka'bah

Kiswah baru Ka'bah

Kiswah baru Ka'bah

KISWAH adalah kain yang menutupi Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah, Saudi Arabia. Kain ini memang biasanya diganti setiap tahun tanggal 9 Dzulhijjah, hari ketika jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah pada musim haji.

Nama kiswah dalam bahasa Arab berarti 'selubung' (kain yang dikenakan pada peti) dan seasal dengan kata kisui dalam bahasa Ibrani. 

Setiap tahun, kiswah lama diangkat, dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil dan dihadiahkan kepada beberapa orang, pejabat muslim asing yang berkunjung dan organisasi asing. 

Pembuat kiswah yang terkenal pada masa Jahiliah adalah ad-Dibaj Natilah binti Hibban, ibu dari Abbas bin Abdul Muthalib. 

Pada masa-masa sebelumnya Umar bin Khattab memotong-motongnya dan membagi-bagikannya kepada para jamaah yang hendak menggunakannya sebagai pelindung dari panasnya suhu kota Makkah. 

Kain Kiswah memiliki luas 658m2 dan terbuat dari sutera seberat 670 kg. Jahitannya terdiri dari benang emas seberat 15 kg. 

Kain ini terdiri dari 47 bagian kain dan masing-masing kain memiliki panjang 14m dan lebar 101m. Kiswah dipasang mengitari Ka'bah dan direkatkan ke tanah menggunakan cincin tembaga Jahitan ayat-ayat Quran yang biasanya dirancang secara manual sekarang dibantu oleh komputer yang mempercepat masa pembuatan kain ini.(Wikipedia).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post