Sukses Gelar Haji 2020, Arab Saudi Segera Izinkan Ibadah Umrah

Haji 2020
Jemaah Haji 2020 (@HaramainInfo)
Setelah sukses menggelar ibadah haji 2020 di tengah pandemi Covid-19, pemerintah Arab Saudi akan segera mengizinkan ibadah umrah.

Piha Saudi akan mengevaluasi musim haji luar biasa tahun ini yang diadakan di tengah meningkatnya keamanan dan pembatasan terkait virus korona selama dua minggu ke depan.

Wakil Sekretaris Kementerian Haji dan Umrah untuk Urusan Haji, Dr. Hussein al-Sharif,  mengatakan kepada media lokal pada Senin (3/8/2020), kementerian akan mengkompilasi pelajaran yang didapat dari prosedur kesehatan dan logistik pengorganisasian haji tahun ini selama pandemi corona dn "memulai persiapan untuk musim Umrah".

Pada akhir Februari, Arab Saudi menghentikan masuknya orang-orang yang ingin melakukan ziarah umrah di Mekah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menahan penyebaran corona.

Pada 4 Maret, Kerajaan Saudi juga menangguhkan Umrah bagi warganya.

Umrah adalah ziarah ke Mekah. Namun, tidak seperti haji, ibadah umroh tidak wajib dan dapat diselesaikan dalam beberapa jam. Umoh juga dapat dilakukan sepanjang tahun.

Keberhasilan Haji 2020

Presiden Jenderal Dua Masjid Suci, Sheikh Abdulrahman bin Abdulaziz al-Sudais, mengumumkan pada hari Minggu keberhasilan musim haji tahun ini.

Pihak berwenang berencana untuk melindungi para peziarah dan memastikan kepatuhan terhadap tindakan pencegahan kesehatan yang ketat yang diperlukan oleh pandemi coronavirus, menurut negara.

Kementerian Kesehatan Kerajaan Saudi mengumumkan tidak ada jamaah haji yang dites positif mengidap virus corona dan pasukan keamanan membenarkan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat memasuki situs-situs suci di Mekah dan Madinah tanpa izin resmi selama periode haji.

Musim haji tahun ini otoritas Arab Saudi hanya mengizinkan 1.000 penduduk Kerajaan dari berbagai negara untuk melakukan haji tahun ini karena pandemi Covid-19.

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan suatu keharusan bagi muslim yang bertubuh sehat setidaknya sekali seumur hidup. Kira-kira, 2,5 juta jamaah haji biasanya mengu njungi situs-situs Islam paling suci di Mekah dan Madinah selama haji selama seminggu. (Al Arabiya)

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post