Hasbunallah Wani'mal Wakil, Cukuplah Allah sebagai Pelindung Kita

Hasbunallah Wani'mal Wakil, Cukuplah Allah sebagai Pelindung Kita

Doa atau dzikir “Hasbunallah wani’mal-wakîl, ni’mal-mawlâ, wani’man-nashîr adalah doa dan dzikir untuk mengatasi masalah.

Hasbunallah wani'mal wakil ni'mal maula wani'man nashir artinya "cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami,  sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami".

Tulisan Arabnya:

حسبنا الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير

Doa, dzikir, atau ungkapan kalimah thayibah tersebut sangat tepat diucapkan dan dicamkan dalam hati setiap muslim, saat dihimpit masalah, dirundung duka, dibebani kesulitan hidup, atau merasa berada dalam ancaman.

Jika diringkas, maka cukup dengan ucapan hasbunallah wani'mal wakil 


حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Bisa juga dengan ungkapan hasbiyallahu wani'mal wakil


حسبي الله ونعم الوكيل

Doa tersebut berisi pernyataan ketergantungan kita kepada Allah SWT. Memohon perlindungan-Nya dan mengembalikan semua masalah kepada-Nya.

Hasbunallah Wani'mal Wakil dalam Al-Qur'an dan Hadits

Doa tersebut tercantum dalam Al-Qur'an dan Hadits.

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

 “(Yaitu) orang-orang (yang menta’ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan:”Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “HasbunalLâh Wani’mal-Wakîl”, Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS Ali Imran:173).

 وَإِن تَوَلَّوْا۟ فَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَوْلَىٰكُمْ ۚ نِعْمَ ٱلْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ ٱلنَّصِيرُ

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong [Ni'mal-Mawla Wani'man-Nashîr]“. (QS. 8:40).

Dalam hadits disebutkan:

"Nabi Saw datang pada hari Perang Uhud, lalu ada yang berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya orang-orang (kafir) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerangmu, maka takutlah kepada mereka!'

Lalu beliau Saw mengucapkan 'Hasbunallah wani'mal wakil, kemudian Allah menurunkann ayat: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung". (HR. Bukhari).

Dalam Quran surat Ali Imran ayat 173 di atas, Allah SWT menegaskan, kalimat dzikir hasbunallah wanikmal wakil diucapkan saat umat Islam tengah dihadapkan dengan kesulitan berupa peperangan.

Manusia hanya boleh berpasrah diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil digunakan untuk menghadapi kesulitan dalam hidup.

Menurut Ibu Abbas, kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil juga dikatakan oleh Nabi Ibrahim a.s. kala beliau ingin dilempar ke dalam api.

Hasbunallah Wani'mal Wakil. Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com)

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post