Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadhan 12 April 2021

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadhan 12 April 2021


Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriah di Gedung Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 12 April 2021. Awal puasa diperkirakan jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Sidang isbat akan digelar secara daring dan luring dan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada pukul 16.45 WIB.

Sidang penentuan awal Ramadhan 2021 ini akan disiarkan oleh TVRI dan media sosial Kementerian Agama

Rangkaian sidang isbat 1 Ramadhan 1442 H digelar tiga sesi. Pertama, pemaparan posisi hilal oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Sesi kedua tentang penentuan awal Ramadhan 2021 yang akan dilakukan setelah sholat magrib. Sesi ini digelar secara tertutup.

Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI dan Medsos Kemenag.

"Insya Allah, sidang isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/4/2021).

Kamaruddin menerangkan sidang isbat itu digelar pada tanggal 29 Sya'ban. Hal itu sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

"Karenanya, sidang isbat awal Ramadan ini digelar pada 29 Sya'ban yang bertepatan 12 April 2021," tuturnya.

Kamaruddin menerangkan rangkaian sidang isbat akan diawili dengan penjelasan posisi hilal dan pelaksanaan rukyatul hilal awal Ramadhan. Menurutnya, penetapan awal Ramadhan apabila posisi hilal berada di ufuk berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit. Tercatat, ada 86 titik yang akan memantau proses rukyatul hilal.

"Di Jakarta, rukyatul hilal antara lain akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy'ari, dan Masjid Al Musyari'in Basmol," ucapnya.

Kamaruddin mengatakan sejumlah instansi turut terlibat dalam sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriah. Instansi yang terlibat yakni Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, LAPAN, BMKG serta Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

"Sidang isbat akan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas. Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII untuk hadir dalam sidang," tuturnya dikutip detik.com.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post