Mitos, Burung Tak Terbang dan Hinggap di Atas Ka'bah

Mitos, Burung Tak Terbang dan Hinggap di Atas Ka'bah

Burung tidak pernah terbang dan hinggap di atas Ka'bah adalah mitos. Tidak bermaksud mengusik kesucian Ka'bah, namun di kalangan umat Islam berkembang anggapan burung-burung tidak bisa terbang dan hinggap di atas Ka'bah.

Salah satunya disebutkan dalam buku Bahkan Jagat Raya Pun Bertasbih karya Dr. Ahmad Syawqi Ibrahim (Penerbit Serambi).

"Orang yang pernah berkunjung ke Ka'bah pasti menyaksikan sebuah fenomena menakjubkan. Beberapa kawanan burung dari udara ikut bergabung bersama manusia dalam irama thawaf mengelilingi Ka'bah," tulis Ahmad Syawqi. 

"Setelah kawanan burung selesai thawaf, sekawanan burung lain segera datang dan menggantikan kawanan lainnya. Anehnya, burung-burung itu sama sekali tidak pernah terbang di atas bangunan Ka'bah, padahal biasanya burung hinggap di bangunan lalu mengeluarkan kotoran. Di Ka'bah tak satu pun burung yang hinggap dan mengeluarkan kotoran."

Ahmad Syawqi kemudian mengutip ayat Al-Qur'an tentang fenomena tersebut.

أَلَمْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱلطَّيْرُ صَٰٓفَّٰتٍ ۖ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُۥ وَتَسْبِيحَهُۥ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِمَا يَفْعَلُونَ

"Tidakkah engkau (Muhammad) tahu bahwa kepada Allah-lah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh, telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan."

Mungkin, yang disampaikan Ahmad Syawqi itu hanya satu kejadian atau kebetulan. Karena, faktanya, burung bisa tak terbang dan hinggap di atas Ka'bah.

Burung justru sering terlihat terbang di atas Ka'bah, bahkan kadang hinggap di atasnya. Dalam foto yang dibagikan UEA Moments bahkan jelas terlihat jika bagian atas kain penutup Ka'bah terdapat banyak kotoran burung.

"Benar atau salah. Burung tidak duduk di Ka'bah Suci?" dikutip dari situs tersebut.

"Sekali lagi, palsu. Tidak ada bukti nyata dari klaim yang dibuat oleh orang-orang yang menyebut bahwa burung tidak hinggap di Ka'bah Suci. Merpati selalu duduk di atap Ka'bah Suci," lanjut keterangan itu dikutip CNN.

Senada, akun @hsharifain yang kerap menginformasikan kabar terbaru dari internal pengelola Masjid Haram, Mekah, mengunggah foto burung menclok di Ka'bah.

Sebab itu juga, kain penutup Ka'bah (kiswah) dicuci dalam kurun waktu tertentu supaya tetap bersih.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post