Arab Saudi Siap Bangun The Mukaab Mirip Ka'bah

Arab Saudi Siap Bangun The Mukaab Mirip Ka'bah

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), membangun megaproyek gedung pencakar langit The Mukaab yang disebut mirip Ka'bah bahkan disebut "Ka'bah Baru".

MbS meluncurkan proyek gedung itu pada 16 Februari 2023. Gedung "Ka'bah Baru" ini akan setinggi 400 meter dengan sisi-sisinya sepanjang 400 meter juga, dan berlokasi di Riyadh.

The Mukaab akan berupa bangunan raksasa berbentuk kubus setinggi 400 meter. Jika terealisasi, bangunan yang disebut sejumlah pihak bak Ka'bah baru ini akan menjadi gedung tertinggi di Riyadh dan menjadi pusat baru ibu kota.

The Mukaab merupakan bagian dari New Murabba. Dalam pernyataan resmi, Saudi mengatakan The Mukaab akan menarik minat wisatawan asing.

"Pusat kota modern terbesar di dunia. Inilah wajah baru Riyadh," demikian pernyataan soal The Mukaab di situs resmi New Muraba.

Gedung ini nantinya akan berisi pameran budaya dan wisata, teater imersif, hunian, hotel, ruang kantor, serta atrium.

Selain itu, di lokasi tersebut bakal dibangun 80 tempat hiburan dan universitas teknologi dan desain.

Beberapa netizen mengkritik The Makaab mirip 'Ka'bah baru.' "Membangun Ka'bah baru yang secara eksklusif dikhususkan untuk kapitalisme agak terlalu sulit," kata jurnalis Murtaza Hussain di media sosial.

Akademisi Asad Abu Khalil juga menyampaikan hal serupa. "Tampaknya [MbS] sedang membangun Ka'bahnya sendiri. Apakah dia akan menjadikan ini kiblat baru untuk para jemaahnya," ujar Khalil di Twitter. (CNNI)

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post