Makna Hadits Sampaikan Dariku Walau Satu Ayat, Ballighu 'Anni walau Ayah

Makna Hadits Sampaikan Dariku Walau Satu Ayat, Ballighu 'Anni walau Ayah

Hadits ringkas ini, ballighu 'anni walau ayah (sampaikan dariku meski hanya satu ayat), sangat populer di kalangan umat Islam.

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

"Sampaikanlah dariku meski hanya satu ayat."

Hadits lengkapnya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً، وَحَدِّثُوا عَنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَلاَ حَرَجَ، وَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ.

"Dari Abdullah ibn Amr: Bahwa Nabi saw bersabda: Sampaikan dariku sekalipun satu ayat dan ceritakanlah (apa yang kalian dengar) dari Bani Isra'il dan itu tidak apa (dosa). Dan barang siapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka bersiap-siaplah menempati tempat duduknya di neraka."

Hadits ini diriwayatkan oleh shahabat Abdullah bin ‘Amr bin Al Ash bin Wa’il bin Hasyim bin Su’aid bin Sa’ad bin Sahm As Sahmiy.

Hadis ballighu anni walau aayatan termasuk hadis sahih yang terdapat dalam Shahih al-Bukhari, Shahih Ibn Hibban, Sunan al-Turmudzi, Sunan Abi Dawud, Musnad Ahmad, Sunan al-Darimiy.

Makna hadits ini adalah perintah Rasulullah Saw kepada sahabat yang hadir saat Nabi Saw menyampaikan wahyu yang diterimanya dari malaikat, kepada sahabat lain yang saat itu tidak bisa hadir. 

Jadi, hanya sebatas menginformasikan, supaya yang lain menjadi tahu tentang adanya ayat yang diturunkan lagi di saat mereka sedang tidak bersama Nabi, sehingga semua sahabat menjadi tahu.

Al Ma’afi An Nahrawani mengatakan, “Hal ini agar setiap orang yang mendengar suatu perkara dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersegera untuk menyampaikannya, meskipun hanya sedikit. Tujuannya agar nukilan dari Nabi Saw dapat segera tersambung dan tersampaikan seluruhnya.”

Hadits sampaikan dariku meski satu ayat ini semakna pula dengan hadits lainnya:

 أَلَا لِيُبَلِّغْ الشَّاهِدُ الْغَائِبَ مِنْكُمْ

“Hendaklah yang hadir menyampaikan pada yang tidak hadir” (HR Bukhari dan Muslim). 

Demikian ulasan ringkas tentang Makna Hadits Sampaikan Dariku Walau Satu Ayat, Ballighu 'Anni walau Ayah. Wallahu a'lam bish-shawabi.

1 Comments

  1. Hadits itu menjadi dasar bagi beberapa orang untuk berdakwah bahkan sampai membuat majelis dan kelompok halaqah semoha menjadi keberkahan untuk semua

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post