Pengertian Berkah atau Barokah

Pengertian Berkah
BERKAH atau barokah (بركة) adalah salah satu kata --selain salam dan rahmat-- yang terkandung dalam salam Islam --Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan keberkahan selalu menyertai Anda (kalian).

Kata berkah juga termasuk dalam doa kita kepada yang menikah: baarokalloohu lakuma.... Semoga keberkahan Allah untuk kalian berdua (pasangan pengantin).

Dalam khotbah Jumat, khotib biasanya menutup khutbah pertama  dengan ungkapan baarokallohu lii walakum, semoga berkah Allah untukku dan untuk kalian. Demikian pula di akhir khotbah kedua sebelum doa penutup khotbah.

Pengertian Berkah

Menurut bahasa, berkah --berasal dari bahasa Arab: barokah (بركة), artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.

Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.

Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti:

  1. Tumbuh, berkembang, atau bertambah; 
  2. Kebaikan yang berkesinambungan. 
Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi”.

Dalam keseharian kita sering mendengar kata "mencari berkah", bermaksud mencari kebaikan atau tambahan kebaikan, baik kebaikan berupa bertambahnya harta, rezeki, maupun berupa kesehatan, ilmu, dan amal kebaikan (pahala).

Pengertian Berkah atau Barokah

Kata Berkah dalam Al-Quran

Dalam Al-Qur`an kata berkah (barakah) hadir dengan beberapa makna, di antaranya: kelanggengan kebaikan, banyak, dan bertambahnya kebaikan. Al-Quran sendiri merupakan berkah bagi manusia sebagaimana firman-Nya:

كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ إِلَيْكَ مُبَٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوٓا۟ ءَايَٰتِهِۦ وَلِيَتَذَكَّرَ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ

"Ini (Al-Quran) adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya orang-orang yang mempunyai pikiran mendapatkan pelajaran.” (QS. Shaad: 29). 

Berkah dalam arti kebaikan, keselamatan, dan kesejahteraan tercantum dalam ayat berikut ini:


وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ

"Jika sekiranya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS. Al-A'raf: 96).

Kata Berkah dalam Hadits

Dalam hadits juga banyak ditemukan kata berkah, semuanya mengarah pada kebaikan dan pahala.

"Berkumpullah kalian atas makanan dan sebutlah nama Allah, maka Allah akan memberikan keberkahan pada kalian di dalamnya." (HR. Abu Daud)

"Ya Allah, berkahilah umatku yang (bersemangat ) di pagi harinya." (HR. Abu Daud).

“Penjual dan pembeli itu diberi pilihan selama keduanya belum berpisah. Bila keduanya jujur dan menjelaskan (kondisi barangnya), maka keduanya diberkahi dalam jual belinya. Namun bila keduanya menyembunyikan dan berdusta, maka akan dihilangkan keberkahan jual beli keduanya.” (HR. Bukhari-Muslim).

“Sungguh, Allah menguji hamba dengan pemberian-Nya. Barangsiapa rela dengan pembagian Allah terhadapnya, maka Allah akan memberikan keberkahan baginya dan akan memperluasnya. Dan barangsiapa tidak rela, maka tidak akan mendapatkan keberkahan.” (HR. Ahmad).

Demikian Pengertian Berkah atau Barokah. Wallahu a'lam. (www.risalahislam.com).*

15 Comments

  1. makasih nice post....... tapi istilah kualat itu ada g.... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, kualat = mendapat bencana (krn berbuat kurang baik kpd orang tua dsb); kualat itu hal buruk yang didapat karena berbuat dosa atau keburukan...

      Delete
  2. bagaimana membedakan nikmat yang berkah dan tidak berkah secara objektif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikmat yang berkah = digunakan untuk kebaikan, misalnya nikmat uang, digunakan untuk kebutuhan sehari2 dan disedekahkan sebagiannya.... Sedangkan nikmat yang tidak berkah = digunakan untuk hal yang tidak jelas, habis begitu saja, tanpa ada kebaikan lain yang ditimbulkannya...

      Delete
    2. Apakah mendapat kabar baik termasuk berkah

      Delete
  3. semoga bermanfaat...

    www.duitberkah.com

    ReplyDelete
  4. kalo ada orang yang ziarah ke malam para alim... terus dikomentari " semoga apa yang kamu lakukan mendapat keberkahan".. boleh nggak ya ?

    ReplyDelete
  5. lalu bagaimana jika sedekah diberikan pd orgtua apa ada berkahnya?

    ReplyDelete
  6. Bisa ngak manusia mrmberikan barokah, contohnya mencari barokah ke kiyai?

    ReplyDelete
  7. Akhir2 ini di kota saya, saya pernah melihat orang membuka toko dengan nama usaha "berkat guru" nah yang mau saya tanya, apakah bisa kata berkat disandingkan dengan manusia atau benda sebagai suatu kepunyaan atau asal, padahal yg kita tahu bahwa berkat itu hanya berasal dari Tuhan?

    ReplyDelete
  8. sedekah pada org2 terdekat memang dianjurkan sperti kpada org tua, keberkahan dalam berziarah kubur artinya kita berharap kebaikan yang diziarahi jga mengalir kpd kita. begitu juga bila kita berharap berakah pada org alim ulama. wallahu a'lam

    ReplyDelete
  9. ohh kirain maknanya perasaan senang ?

    ReplyDelete
  10. Terimakasih...sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  11. Izin copas gambar kaligrafi berkah nya. Jazakallah khairan

    ReplyDelete
  12. Harta dan keluarga adalah rezeki dari Alloh SWT. Anak yang berkah adalah Anak yang sholeh/ah....rezeki yang baik bertambah kebaikannya. Bisa begitu ya 7stad

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post