Arti Pokemon dalam Bahasa Jepang, Inggris, dan Syriac

Arti Pokemon dalam Bahasa Jepang, Inggris, dan Syriac
SEBAGIAN masyarakat dunia kini sedang menggandrungi Pokémon (ポケモン Pokemon) --diucapkan: /ˈpoʊkeɪmɒn/). Pokemon adalah salah satu waralaba media yang dimiliki oleh perusahaan permainan video Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995. 

Pada mulanya, Pokémon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy. Demikian data Wikipedia.

Dilansir BBC, Pokemon Go adalah game augmented reality (realitas tertambah) di ponsel pintar menggunakan Sistem Pemosisi Global (GPS). Anda bermain dengan berjalan-jalan di dunia nyata menangkap monster virtual yang menggemaskan, seperti Pikachu dan Jigglypuff, di tempat-tempat dekat lokasi ponsel Anda dan melatih mereka untuk bertanding.

Monster-monster ini pertama kali populer pada tahun 90-an ketika Nintendo Game Boy muncul.

Sebuah informasi beredar di media sosial: kata Pokemon mengandung arti “Aku Yahudi”. Disebutkan, nama Pokemon diambil dari bahasa Syriac (bahasa Suryani) yang jika dibahawa Indonesia kan berarti  "Aku Yahudi".

Bahasa Suryani atau bahasa Suriah (dalam bahasa Inggris: Syriac language),  bahasa yang saat ini dituturkan oleh kaum minoritas Kristen Siria yang tinggal di sebelah timur Turki, sebelah utara Irak dan sebelah timur laut Suriah. (Wikipedia).

Dalam pernyataan di sebuah surat kabar Amman Yordania, Gereja Kristen Syriac Orthodox membantah tuduhan bahwa Pokemon dan nama karakter lain berakar dalam bahasa Syriac kuno dan mempunyai makna menghina Islam. Para petinggi gereja mengaku terkejut dengan surat yang masuk yang menyebut bahwa Pokemon memuat ajakan Yahudi. (LA Times).

Menurut Sheikh Muhammed Salih Al-Munajjid dari situs Tanya Jawab Islam Q&A, pengertian yang benar dari Pokemon adalah singkatan dari “Pocket monster”, yaitu binatang yang cukup kecil untuk bisa masuk saku.

The correct view is that this is a name that comes from Japan. It is taken from the (English) words “Pocket monster” and means an animal that is small enough to fit in one’s pocket. “Pokemon” is an abbreviation of these two words. (Islam Q&A)

Menurt kamus bahasa Inggris Oxford, Pokemon (Pronunciation: /ˈpōkiˌmän/) adalah sebuah video game yang menampilkan karakter kartun Jepang. Aslinya, Pokemon adalah nama video game Jepang dari kata "pocket monster".

Di laman Reference, kata "Pokemon" dalam bahas Jepang berasal dari kata "Poketto" dan "Monsut" atau "Pocket Monsters" dalam bahasa Inggris. Wallahu a'lam. (www.risalahislam.com).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post