Sidang Isbat Idul Fitri 2019 Senin, Sejumlah Umat Islam Sudah Lebaran

Related Posts

Sidang Isbat Idul Fitri 2019 Senin, Sejumlah Umat Islam Sudah Lebaran
Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, Senin (3//6/2019).

Sidang penentuan Idul Fitri 2019 itu akan diikuti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, sejumlah ulama, tokoh ormas Islam, pakar astronomi, delegasi negara sahabat, dan unsur terkait.

Sidang isbat akan diawali paparan mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh pakar astronomi. Kegiatan dilanjutkan dengan Salat Magrib kemudian dilakukan sidang tertutup. Setelah itu, hasil sidang isbat akan diumumkan dalam jumpa pers.

Kemenag menyebar para pemantau hilal di 105 titik di seluruh Indonesia. Apabila bulan baru (hilal) terlihat perukyat beberapa saat setelah Magrib tiba (qobla ghurub), maka pada petang ini ditetapkan sudah memasuki 1 Syawal. Artinya, umat Islam Indonesia akan merayakan Lebaran atau idu fitri pada Selasa (4/6/2019) dan puasa Ramadhan berlangsung selama 29 hari.

Jika hilal tidak disaksikan para perukyat, maka pada Senin petang ditetapkan sebagai malam 30 Ramadan dan 1 Syawal jatuh pada Rabu (5/6/2019). Dengan begitu, jumlah hari puasa 30 hari.

Sejumlah Umat Islam Sudah Lebaran

Meski Sidang Isbat baru akan dilakukan Senin sore, namun sebagian umat Islam sudah berlebaran Senin 3 Juni 2019.

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Pauh, Kota Padang, melaksanakan salat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah di Musala Baitul Makmur, Pauh, Padang, Senin, (3/6/2019).

Salat dimulai pukul 08:00 WIB yang sebelumnya diawali dengan takbiran. Salat Idul Fitri diimami pimpinan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Buya Syafri Malin Mudo. Sedangkan Afrizal Tanjung bertindak sebagai khatib yang memberikan kutbah dalam bahasa Arab.

Usai salat, sesama jemaah berkumpul di musala sambil menikmati hidangan makanan dan minuman yang telah disediakan sebagai bentuk menjaga silaturahmi. Setelah selesai masing-masing jemaah kembali pulang.

Shalat Id atau lebaran Senin juga dilakukan Jemaah An-Nadzir di Gowa, Sulawesi Selatan.

Jemaah yang identik dengan pakaian serba hitam dan rambut pirang ini melaksanakan salat Idul Fitri di halaman Masjid baitul Muqaddis, perkampungan Jemaah An Nadzir, Romang Lompoa, Kecamatan Bonto Marannu, Gowa.

Jamaah An-Nadzir menentukan 1 Syawal 1440 Hijriah dengan cara memantau bulan. Pemantuan itu dilakukan oleh Tim Sembilan yang dibentuk secara khusus oleh seluruh pengikut jemaah An Nadzir.

Masyarakat Desa Lek-Lek, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, juga melaksanakan Shalat Id dan memulai perayaan Idul Fitri lebih dulu.

Warga yang mengikuti Tarekat Syattariyah, Habib Muda Peulukung dan anak habib yakni Abu Habib Qudrat Seunagan, Kabupaten Nagan Raya itu, juga melaksanakan ibadah puasa lebih awal daripada yang ditetapkan pemerintah yakni pada 4 April 2019.

Selain di Kecamatan Panton Reu, hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, sebagian besar masyarakat juga melaksanakan shalat Ied pada hari ini (Senin).

Sidang Isbat Idul Fitri 2019 Senin, Sejumlah Umat Islam Sudah Lebaran

Sumber:
https://www.inews.id/news/nasional/kemenag-gelar-sidang-isbat-penentuan-hari-raya-idul-fitri-siang-ini/561437
https://www.tagar.id/pengikut-thariqat-syattariyah-hari-ini-idul-fitri
http://modusaceh.co/news/hari-ini-warga-panton-rhe-sudah-lebaran-idul-fitri/index.html
https://langgam.id/jemaah-tarekat-naqsabandiyah-di-padang-sudah-rayakan-idul-fitri/
https://www.beritaterkini.co/2019/06/jemaah-nadzir-di-sulsel-sudah-selesai.html


You're reading Sidang Isbat Idul Fitri 2019 Senin, Sejumlah Umat Islam Sudah Lebaran. Mari sebarkan kebaikan. Please share...!

Newest
You are reading the newest post

0 Response to "Sidang Isbat Idul Fitri 2019 Senin, Sejumlah Umat Islam Sudah Lebaran"

Komentar SPAM dan mengandung LINK AKTIF tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *