Sidang Isbat: Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Jumat 24 April 2020

Sidang Isbat: Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Jumat 24 April 2020

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada hari Jumat, 24 April 2020.

Penetapan awal Ramadhan itu dilakukan Kemenag bersama Ormas Islam dalam Sidang Isbat di Jakarta, Kamis (23/4/2020), melalui telekonferensi.

Hasil Pemantauan Hilal dilakukan di 82 titik lokasi menunjukkan hilal sudah terlihat dan sesuai standar --di atas 2 derajat.

Dilansir laman resmi Kemenag RI, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

"Sesuai Protokol Kesehatan, kami membatasi undangan untuk hadir dalam sidang usbat kali ini. Nantinya, sidang hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi, serta Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim, di Jakarta, Kamis (23/04).

"Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan," lanjutnya.

Menurut Agus, peliputan jika dilakukan secara terbatas. Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool agar dapat disiarkan juga oleh media lainnya secara luas.

"Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," tuturnya.

Dijelaskan Agus, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana tahun sebelumnya. Sessi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Ramadan 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

"Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka oleh Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 82 titik di seluruh Indonesia," ujar Agus.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," tutupnya.

Sidang isbat dihadiri juga oleh Plt Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dan jajaran eselon II Ditjen Bimas Islam.

Sidang Isbat menetapkan 1 Ramadhan 1414 Hijriyah jatuh pada hari Jumat, 24 April 2020.

Sidang Isbat Awal Ramadhan 1441 H / 2020 M


Doa Menyambut Ramadhan

doa sambut ramadhan

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post