Haji 2021 Diikuti Jamaah dari 120 Negara

 Haji 2021 Diikuti Jamaah dari 120 Negara

Pelaksaan ibadah haji 2021 akan diikuti jamaah dari 120 negara. Total jamaah haji tahun ini dibatasi 60 orang.


Menurut Komite Pusat Haji Arab Saudi, jamaah haji 1442 H adalah muslim yang berasal dari 120 negara dan saat ini tinggal di Kerajaan Arab Saudi.


Panitia haji Saudi menyeleksi 558.000 orang calon jamaah haji yang sebelumnya telah mengajukan permohonan. Komite juga mencatat persiapan penyelenggaraan haji terus dilakukan.


Sebanyak 3.000 bus disiapkan untuk mengangkut peziarah. Setiap bus hanya akan diisi 20 penumpang pada satu waktu, karena aturan keselamatan dan keamanan dalam menghadapi Covid-19.


Pihak Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengatakan, pihaknya siap untuk musim haji tahun ini. Wakil Menteri Haji dan Umrah, Abdulfattah Mashat, menekankan percepatan pengerjaan untuk menyiapkan tempat suci di Kerajaan dalam beberapa hari mendatang.


Tak hanya itu, ia juga meminta semua sektor terkait agar menyelesaikan persyaratan, agar dapat menerima peziarah tepat waktu.


“Kementerian Haji dan Umrah telah lama menyusun rencana strategis dan operasional terkait kegiatan haji bekerjasama dengan lebih dari 30 entitas, dari berbagai sektor swasta, pemerintah dan keamanan,” katanya.


Dalam sebuah wawancara yang disiarkan di Radio Riyadh, Mashat mengatakan tempat tinggal peziarah di tempat-tempat suci sudah siap. Kesiapan yang sama juga terlihat di titik-titik berkumpul di sekitar Makkah.


Ia menekankan otoritas terkait telah menyiapkan rencana terpadu untuk membuat musim tahun ini aman dan terjamin. Tenda jamaah di Arafah, serta fasilitas di Mina dan daerah lain, di mana jamaah akan tinggal di Muzdalifah semuanya telah diperiksa.


"Lingkungan tahun ini akan berbeda dengan musim haji sebelumnya. Ini akan menjadi lingkungan yang sehat, memastikan jarak sosial antara para peziarah selama perjalanan. Kamp-kamp besar memungkinkan pergerakan udara terus menerus, sehingga menghilangkan risiko apa pun,” kata Mashat.


Dia menunjukkan Pemerintah Saudi telah menciptakan jaringan transportasi terintegrasi, yang menghubungkan semua situs yang relevan di seluruh wilayah.


Tahun ini Arab Saudi memutuskan untuk membatasi haji bagi warga negara dan penduduk di dalam Kerajaan. Keputusan ini diambil dengan alasan kekhawatiran atas pandemi Covid-19, sebagaimana haji tahun lalu yang hanya diikuti 10.000 jamaah dalam negeri Saudi. (Ihram)


Post a Comment on Haji 2021 Diikuti Jamaah dari 120 Negara