Kitab Riyadhus Shalihin, Terjemahan dan Link Download Pdf

Riyadhus Shalihin adalah kitab populer di kalangan umat Islam. Berisi hadits shahih panduan iman dan takwa. Berikut ini link download pdf terjemahan Riyadhus Shalihin.


Kitab Riyadhus Shalihin, Terjemahan dan Link Download Pdf

Riyadhus Shalihin adalah nama salah satu kitab kumpulan hadis Nabi Muhammad ﷺ yang berarti taman orang-orang shalih. Kitab ini disusun oleh Imam Nawawi.

Nama lengkap Imam Nawawi adalah Al-Imam al-Allamah Abu Zakaria Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqi. 

Imam Nawawi dikenal sebagai salah seorang ulama besar mazhab Syafi'i. Ia lahir di desa Nawa, dekat kota Damaskus, pada tahun 631 H dan wafat pada tahun 24 Rajab 676 H.

Kitab Riyadhus Shalihin adalah kitab tarbiyah (pembinaan) yang baik yang menyentuh aneka ragam aspek kehidupan individual (pribadi) dan sosial kemasyarakatan.

Kitab ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Salim Bahreisy. Buku tebal yang terdiri dari 5 jilid yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, merupakan karangan dari ulama termahsyur yang mengulas tentang hadits-hadits yang paling syarat atas kandungannya.

Dalam mukadimahnya disebutkan, Riyadhus Shalihin dimaksudkan untuk mengumpulkan hadis-hadis yang sahih, yang dapat menjadi perintis jalan menuju akhirat; tuntunan adab lahir dan batin; menghimpun anjuran dan ancaman, latihan jiwa, didikan akhlak, obat hati, pemeliharaan badan dan lain-lain.

Pada kitab ini hadis-hadis dikelompokkan ke dalam bab-bab berdasarkan tema utama, misalnya akhlak (ikhlas, sabar, takwa, tawakal, hubungan sosial, dst.); adab sopan santun (malu, menjaga rahasia, menepati janji, menghormati tamu, tata tertib makan, adab berpakaian, mengucapkan salam); adab terkait orang sakit dan orang yang meninggal; keutamaan membaca Al-Qur'an; keutamaan-keutamaan terkait berbagai macam salat dan puasa; jihad; dzikir dan doa; serta larangan-larangan terkait ibadah, muamalah, dan kebiasaan-kebiasaan hidup yang tertentu.

Link Download Terjemahan Riyadus Sholihin

1. Teks Arab / Salinan Kitab Riyadhus Shalihin Asli: Drive 
2. Terjemahan Bahasa Melayu Riyadus Sholihin: IslamHouse
3. Aplikasi Terjemahan Riyadus Sholihin: Google Play

Kutipan Riyadus Sholihin Bab I

Bab 1. Keikhlasan dan Menghadirkan Niat dalam Segala Perbuatan, Ucapan, dan Keadaan yang Nyata dan yang Samar

قَالَ اللَّه تعالى : { وَمَا أُمِرُوا إِلاَّ لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ } .

Allah Ta’ala berfirman: “Dan tidaklah mereka itu diperintahkan melainkan supaya sama menyembah Allah, dengan tulus ikhlas menjalankan agama untuk-Nya semata-mata, berdiri turus dan menegakkan shalat serta menunaikan zakat dan yang sedemikian itulah agama yang benar.” (al-Bayyinah: 5)

وقَالَ تعالى : { لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ } .

Allah Ta’ala berfirman pula: “Samasekali tidak akan sampai kepada Allah daging-daging dan darah-darah binatang kurban itu, tetapi akan sampailah padaNya ketaqwaan dari engkau sekalian.” [1] (al-Haj: 37)

وقَالَ تعالى : { قُلْ إِنْ تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ } .

Allah Ta’ala berfirman pula: “Katakanlah – wahai Muhammad [2], sekalipun engkau semua sembunyikan apa-apa yang ada di dalam hatimu ataupun engkau sekalian tampakkan, pasti diketahui juga oleh Allah.” (ali-Imran: 29).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post