Arti Jumat Berkah atau Jumat Mubarok

Arti Jumat Berkah - Jumat Mubarok

Makna Arti Jumat Berkah atau Jumat Mubarok yang Trending Tiap Pekan #JumatBerkah

Setiap hari Jumat, biasanya tagar #JumatBerkah atau #JumatMubarok trending di Twitter. Para tweps (pengguna sosial media Twitter) saling mengingatkan tentang keutamaan hari Jumat yang penuh berkah (barokah).

Apa arti Jumat Berkah atau Jumat Mubarok?

Ringkasnya, Jumat Berkah artinya hari Jumat itu penuh kebaikan dan keutamaan. Jumat adalah hari khusus memaksimalkan ibadah atau amail kebaikan, seperti sedekah yang pahalanya dilipatkgandakan oleh Allah SWT.

Hari Jum’at adalah hari raya bagi umat Islam:

“Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk umat slam. Barangsiapa yang mendatangi (shalat) Jum’at maka hendaklah mandi, kalau mempunyai wewangian hendaknya dia pakai dan pergunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah).

Diceritakan Abu Lubanah al-Badri, Rasulullah bersabda bahwa pemimpin seluruh hari dalam setiap minggu adalah hari Jumat. Menurut Rasulullah Saw, Jumat hari paling mulia di sisi Allah SWT bahkan lebih mulia dibandingkan Idul Fitri dan Idul Adha. 

Baca: Keutamaan Hari Jumat

Arti Berkah

Arti Berkah
Arti Jumat Berkah tidak lepas dari makna berkah itu sendiri.

Menurut bahasa, berkah --berasal dari bahasa Arab: barokah (البركة), artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.

Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.

Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti:
  1. Tumbuh, berkembang, atau bertambah.
  2. Kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi”.

Baca : Pengertian Berkah atau Barokah

Baca Juga: Waktu Khusus Doa Dikabulkan Hari Jumat

Demikian arti Jumat Berkah atau Jumat Mubarok. Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com).*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post