Doa Mudah Dapat Kerja

Doa Mudah Dapat Kerja


Pandemi Covid-19 meningkatkan jumlah pengangguran. Pandemi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, termasuk akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kehilangan pekerjaan asalah musibah sekaligus ujian. Sebagai muslim, sikap terbaik adalah sabar dan ikhtiar mencari pekerjaan baru.

Selain usaha, doa juga harus dipanjatkan. Doa adalah senjata kaum mukmin. Berikut ini doa agar dimudahkan oleh Allah Swt untuk mendapatkan pekerjaan atau cepat bekerja.

Di dalam Islam, dijelaskan bagaimana seorang Muslim agar berusaha dan juga berdoa kepada Allah SWT agar bisa dipermudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Doa Mudah Dapat Kerja

Berikut ini doa ketika kita sulit mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa doa. 

1. Doa Mudah Dapat Kerja dalam Al-Qur'an

Doa pertama adalah doa Nabi Musa a.s. ketika ia membantu dua wanita penggembala mendapatkan air minum untuk kambing gembalaan mereka.

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.” (QS Al-Qashash: 24).

Doa di atas secara umum adalah doa memohon rezeki. Pekerjaan adalah salah satu sumber atau wasilah rezeki --nafkah buat diri dan keluarga.

2. Doa Mudah Dapat Kerja dalam Hadits

Doa Mudah Dapat Kerja juga diajarkan oleh Rasulullah Saw, sebagaimana dalam hadits-hadits shahih berikut ini.


اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

"Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apa pun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apa pun yang telah Engkau palingkan dariku". (HR. Ibnu An-Najjar).

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, dia berkata, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda:

"Apakah kamu mau aku beri lima ribu ekor kambing, atau aku ajari kamu lima kalimat yang memuat kemaslahatan agamamu dan duniamu?" maka aku jawab, "Ya Rasulullah, lima ribu ekor kambing itu banyak, tetapi ajari aku ilmu." Lalu Rasulullah Saw bersabda, "bacalah" (membaca doa di atas).

Selain doa di atas, masih ada beberapa doa lain yang terkait kemudahan mendapatkan pekerjaan. Berikut ini doa agar mudah dapat kerja lainnya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (HR Ahmad).

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (HR. Ibnu Hibban).

اللهم افتح لنا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب القوة وأبواب الصحة وأبواب السلامة وأبواب الجنة

“Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.

Demikian Doa Mudah Dapat Kerja dalam Al-Quran dan Hadits. Allah Maha Pemberi Rezeki. Tugas kita adala ikhtiar dan doa. Wallahu a'lam bish-shawabi.*

Post a Comment on Doa Mudah Dapat Kerja